Tanya Dokter

  • Apa dampak jika penderita TBC tidak minum obat sesuai jadwal dan tidak habis

  • dok saya punya tugas disekolah tentang monera, saya mau nanya mengapa orang yang menderita penyakit TBC harus meminum obat sesuai jadwal dan harus sampai habis? apakah yang terjadi jika orang tersebut tidak meminum obat sesuai jadwal dan tidak sampai habis?

    Haii.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    TBC atau tuberculosis merupakan penyakit infeksi pada paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Pengobatan yang dilakukan pada pasien yang telah terdiagnosis TB harus dilakukan secara rutin dan hingga tuntas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

    Obat yang diberikan pada pasien TB umumnya ialah isoniazid, rifampisin, pirazinamid, dan etambutol. Dalam penggunaan nya obat- obat ini harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter, biasanya dosis yang diberikan disesuaikan dengan berat badan pasien. Baiknya pasien meminum obat ini secara rutin, dapat diminum dalam waktu yang sama setiap harinya sehingga pengobatan tidak terlewat.

    Penyakit ini dapat disembuhkan dan ditekan penularannya bila pasien meminum obat dengan teratur, bila pasien berhenti minum obat atau sering terlewat waktu minum obat maka akan berisiko untuk terjadi kekambuhan kembali, pengobatan yang tidak tuntas juga mengakibatkan bakteri tetap ada dalam tubuh dan tetap dapat menularkan penyakit ke orang lain. Hal yang terpenting ialah bahwa pengobatan yang tak tuntas dapat mengakibatkan pasien resisten terhadap obat- obat TB. Pasien yang telah resisten terhadap obat TB akan lebih lama dan lebih sulit pengobatannya. Pasien yang resisten terhadap isoniazid dan rifampisin dapat terkena TB MDR atau Multidrug-Resistant Tuberculosis (MDR TB). 

    Pasien TB yang tidak diobati dan pengobatan yang tidak tepat dapat mengalami komplikasi. seperti: nyeri tulang punggu, meningitis (infeksi selaput otak), dan kerusakan sendi.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti