Tanya Dokter

  • Sakit kepala sering kumat

  •  Rafa
    Anggota

    Assalamualaikum wr.wb selamat malam. dokter, izinkan saya bertanya. saya seorang perempuan, berusia 18 tahun. saya sering merasa terganggu dengan sakit kepala yang tiba - tiba, rasanya isi kepala saya seperti ditusuk suntik raksasa. semasa SMA saya biasa memukul kepala saya dengan kamus atau benda lain untuk sedikit menenangkan sakitnya. tidak begitu lama, itu hanya berlangsung sebentar, tapi itu sangat mengganggu aktifitas saya, paling sebentar 1- 3 menit, kemudian rasa sakit itu akan hilang, tapi beberapa saat kemudian, itu akan kembali lagi.

    tak jarang juga, ketika saya ingin berubah posisi, tiba - tiba seperti kehilangan keseimbangan, rasanya seperti didorong, dan pandangan saya gelap. saya harus terdiam beberapa saat baru saya dapat melanjutkan apa yang saya lakukan, bahkan hal ini sering membuat saya terjatuh hingga terbaring seperti orang pingsan, tapi saya tetap dalam keadaan sadar, dan beberapa saat, saya akan terbangun seperti biasa dan tidak terjadi apa - apa.

    selain itu juga saya sering tiba - tiba sesak, (tapi saya tidak asma), sakit di bagian dada kiri atas, kadang kiri bawah, tapi lebih sering kiri atas. dalam keadaan itu sangat sulit sekali bergerak, bernafas pun sulit, karena ketika digunakan untuk bergerak, atau bernafas, itu akan terasa semakin sakit.

    apa yang terjadi ?

    dan apa yang bisa saya lakukan ? <div id="__if72ru4sdfsdfrkjahiuyi_once" style="display: none;"></div> <div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" style="display: none;"></div> <div id="__zsc_once"></div> <div id="__hggasdgjhsagd_once" style="display: none;"></div>

    Dear Rafa, Sakit kepala banyak sekali kemungkinan penyebabnya. Anda dapat membacanya dalam diskusi tentang nyeri kepala kronik. Gangguan keseimbangan yang Anda alami dapat disebabkan oleh gangguan dalam telinga bagian dalam atau saraf keseimbangannya ataupun penyakit lain yang bermanifestasi pada gangguan keseimbangan. Berikut beberapa kemungkinan yang mendasari:

    • vertigo, perasaan Anda berputar atau sekeliling Anda berputar
    • light-headedness, perasaan seperti mau pingsan
    • disekuilibrium, masalah saat berjalan, berdiri tidak dalam keadaan mantap
    • kecemasan
    • dsb.
    Nyeri dada juga bisa disebabkan bermacam sebab. Anda dapat membacanya dalam diskusi tentang nyeri dada. Sebaiknya Anda segera mengonsultasikan keluhan Anda kepada dokter agar keluhan Anda dicari penyebabnya. Dokter mungkin akan menganjurkan serangkaian pemeriksaan penunjang seperti tes darah, EKG. Dokter akan memberikan terapi sesuai diagnosis yang akan ditegakkan. Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya