Tanya Dokter

  • kenapa gangguan asam lambung bisa kumat?

  •  Bae
    Anggota

    tiba2 jam 5 subuh saya terbangun karena asam lambung saya kumat,.terus saya konsumsi lansoprazole sebelum makan,.kinapa bs kumat ya dok?,apa karena saya tidurnya menaruh bantal di bawah punggung??

     

    Hai, Penyakit Asam Lambung  adalah suatu kondisi dimana asam lambung naik menuju kerongkongan  dan menimbulkan rasa panas seperti terbakar / nyeri pada bagian perut hingga dada. Hal ini terjadi karena kelemahan otot bagian atas lambung yang disebut LES (Lower Esophageal Sphingter) dan menyebabkan adanya celah / bukaan pada bagian tersebut sehingga asam lambung bisa naik ke esofagus. Anda bisa mengetahui lebih jauh tentang penyakit ini pada laman berikut: http://www.alodokter.com/penyakit-asam-lambung/ Sebaiknya Anda tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari punggung/ perut untuk mencegah asam lambung naik ke esofagus/ kerongkongan. Tidak masalah jika Anda menaruh bantal di bawah punggung selama posisi kepala Anda lebih tinggi dari punggung/perut Anda. Kumatnya penyakit asam lambung memiliki banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor resiko terjadinya penyakit asam lambung bisa disebabkan :

    1. Obesitas/ kelebihan berat badan.
    2. Terlalu banyak konsumsi makanan berlemak.
    3. Terlalu banyak konsumsi kopi, teh, coklat dan alkohol (bir).
    4. Obat obatan.
    5. Stress.
    6. kehamilan.
    7. Penyakit diabetes/ kencing manis.
    Langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi timbulnya kekambuhan adalah dengan cara :
    1. Makan selambatnya 2 jam sebelum anda tidur.
    2. Jauhi makanan yang bisa memicu seperti kopi, teh, coklat, alkohol, asam dan pedas.
    3. Kurangi berat badan jika anda obesitas/ kelebihan berat badan.
    4. Makan dengan porsi kecil tapi sering. Jangan makan sekaligus banyak.
    5. Makan dengan perlahan, tidak usah terburu buru.
    6. Atur posisi kepala lebih tinggi dari perut.
    Jika penyakit Anda kumat 1-2 kali dalam sebulan dan terasa ringan biasanya belum perlu intervensi medis. Hal ini bisa diatasi dengan mengubah pola makan Anda dan menu makan Anda, namun Anda juga bisa menggunakan obat bebas yang tersedia di apotek seperti antasida jika gejala timbul. Namun jika gejala yang terjadi lebih parah dan sering  sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan  penanganan yang tepat.   Semoga membantu. Salam,   dr. Yusi