Tanya Dokter

  • Obat yang efektif untuk meredakan mata merah

  • Dok,,maaf mengganggu,saya mau brtnya "sudah hmpir sminggu,mata saya mrah,trasa perih,pnas n trkdang brair,peka trhdap chya,,tp pnglhatan sya jelas..saya sudah mnemui doktr tp bkn sfsialis mta,n saya dbrkn bbrpa obt trmsk diantrny obt tets mta,namun hampir smggu ni,blm smbuh n tmpak brtmbh mrah namun dmikian perihny brkurang..mhon bntuany.

    Halo,   Sebaiknya Anda mengkonsultasikan keluhan mata Anda kembali kepada dokter yang merawat Anda atau ke dokter spesialis mata untuk melakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh. Keluhan mata yang belum berkurang pasca pengobatan bisa saja mengindikasikan adanya permasalahan lain yang mendasari mata merah Anda. Penyebab mata merah antara lain adalah :

    1. Konjungtivitis akibat infeksi bakteri / virus.
    2. Iritasi mata akibat benda asing, debu, softlens dll.
    3. Alergi.
    4. Trauma pada kornea.
    5. Adanya benda asing pada mata.
    6. Keratitis = infeksi pada kornea.
    7. Infeksi jamur pada mata.
    8. Glukoma kronis.
    9. Mata kering.
    10. kelelahan akibat melihat komputer / layar terlalu lama.
    11. dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan secara menyeluruh terhadap mata Anda akan diperlukan. Dokter akan memeriksa dengan seksama keluhan Anda dan melakukan tes lain seperti funduskopi, retinometri dll jika diperlukan. Penanganan mata merah akan disesuaikan dengan penyebab keluhan Anda. Hindari mengucek mata terlalu kuat, cuci tangan sebelum dan sesudah menggosok mata, dan gunakan kaca mata hitam saat berada di bawah sinar matahari lama bisa mencegah perburukan gejala yang Anda alami. Baca topik Mata merah. Semoga membantu.   dr. Yusi