Tanya Dokter

  • Cara memperbanyak ASI

  •  Viie No Yuki
    Anggota
    Sore dok saya mau bertanya, apa si penyebab utama asi kurang saat menyusui?? Saat ini saya hamil 4bulan saya tidk ingin hal itu terjadi saat saya mnyusui nnti, Makann apa yg harus sya konsumsi agar asi saya nnti lancar?? Terimakasih !!

    Halo Viie.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, memberikan ASI secara eksklusif pada enam bulan pertama memberikan manfaat yang dapat dirasakan dalam jangka panjang. Selain menurunkan risiko bayi terkena alergi, bayi yang diberikan ASI lebih sedikit yang terkena penyakit saluran nafas, infeksi telinga, dan juga meningitis.

    Pada dasarnya untuk memperbanyak ASI setelah melahirkan nanti adalah dengan cara memberikannya terus - menerus kepada bayi Anda. Pada beberapa minggu pertama kelahiran, jadwal pemberian ASI biasanya belum bisa teratur, meski begitu berikanlah ASI kapanpun bayi membutuhkannya.

    Anda dapat memberi ASI kira - kira dua jam sekali, sebab bayi yang baru lahir biasanya minum ASI sebanyak 8 hingga 12 kali dalam sehari semalam. Bayi yang baru lahir pun perlu dibangunkan untuk diberikan ASI bila pemberian ASI terakhir sudah lebih dari dua jam.

    Pada prinsipnya, makin sering diberikan, produksi ASI semakin bertambah. Hal ini dikarenakan pada saat Anda terus memberi ASI, hormon prolaktin atau hormon yang menghasilkan ASI terus bekerja merangsang produksi ASI.

    Selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas untuk memperbanyak ASI, Anda juga harus tidur dan istirahat yang cukup, menghindari cemas, mengelola stres, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, mengonsumsi vitamin D sebanyak 10 µg setiap harinya.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    ASI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati