Tanya Dokter

  • Jarum bekas tato dan risiko tertular hiv

  • Gini Dok, aku mau nanya. 3 hari yang lalu kita natoin orang, terus setiap natoin, jarum bekas orang itu kita pake buat bikin gambar tato lagi di kaki kita. Terus 3 harinya setelah itu, bekas jarum yang kita tusukin itu gatal-gatal dan berair Dok. Apa itu ciri-ciri terjangkit penyakit hiv Dok? Minta tolong ya Dok, tolong dijawab, soalnya aku masih ingin berkarya Dok, dan saya tidak mau terputus hanya gara-gara itu dok. Jawab ya Dok :)

    Art Tatto Pes-Sel Dion  dr. Nofrina
    Dokter

    Hi, Seorang dokter tidak dapat memastikan kemungkinan seseorang tertular HIV tanpa melalui pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah di laboratorium. Sehingga walaupun risiko penularan akibat penggunaan jarum secara bergantian cukup tinggi, namun tetap tidak dapat divonis terkena HIV secara langsung. Jika anda merasa memiliki risiko terinfeksi virus HIV, satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes HIV yang disertai konseling. Segeralah mengunjungi  fasilitas kesehatan terdekat (klinik VCT/Voluntary Counseling and Testing atau KTS/Konseling dan Tes HIV Sukarela). Keberadaan klinik tersebut dapat anda tanyakan pada rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat. Tes HIV biasanya berupa tes darah untuk memastikan adanya antibodi terhadap HIV di dalam darah seseorang. Antiboti adalah protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk menyerang kuman atau bakteri tertentu.  Dengan test ini akan diketahui apakah seseorang sudah tertular virus HIV atau belum. Jika seseorang merasa baru saja terkena virus dala rentang waktu 3x24 jam, sebaiknya segera melakukan pencegahan dengan obat anti HIV sebagai profilaksis. Pengobatan ini harus dimulai maksimal tiga hari setelah terjadi pajanan atau paparan terhadap virus. Makin cepat pengobatan pencegahan dilakukan, maka risiko penularan akan semakin kecil. Pengobatan pencegahan ini sendiri berlangsung selama satu bulan.. Gejala infeksi HIV muncul dalam tiga tahap, yakni :

    • Tahap pertama adalah serokonversi, dimana terdapat gejala-gejala seperti flu, demam, tenggorokan sakit, muncul ruam di daerah yang diduga terinfeksi, dll.  Setelah ini, HIV tidak meyebabkan gejala apapun selama beberapa tahun. Gejala seperti flu ini akan muncul beberapa minggu setelah terinfeksi.
    • Tahap kedua adalah masa ketika tidak ada gejala yang muncul.
    • Tahap yang ketiga adalah infeksi HIV berubah menjadi AIDS.
    HIV dapat ditularkan melalui beberapa cara, seperti :
    • Darah,
    • Cairan yang berada disekitar dinding anus,
    • Air susu ibu (ASI),
    • Sperma,
    • Cairan Vagina, termasuk darah menstruasi.
    • Dan lain sebagainya.
    Penggunaan jarum suntik secara bergantian sangat tidak dianjurkan dalam dunia kesehatan, karena terdapat bermacam-macam penyakit yang dapat ditularkan melalui darah, sehingga dalam kasus ini risiko penularan HIV dan penyakit lainnya cukup besar. Berdasarkan hal-hal tersebut kami sarankan agar anda segera memeriksakan diri ke dokter terdekat agar diketahui diagnosa pasti dan terapi yang tepat dan cepat. Anda dapat membaca artikel mengenai HIV dan AIDS yang telah disusun tim Alodokter sebelumnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit ini. Semoga membantu. Salam, dr.  Nofrina