Tanya Dokter

  • Pengobatan Bells’s palsy

  • Hallo Dok. Saya Fadhlan, 13th & masih duduk di kelas 3 smp. Saya mulai mengalami gejala Bells Palsy dari 2 hari yang lalu & baru kemarin malam periksa ke dokter. Saya mengambil jalur pengobatan yang normal yaitu memilih untuk mengkompres sisi muka yang kanan menggunakan air panas.

    Saya cukup panik karena divonis mengidap penyakit ini. Saya takut jika keadaan muka saya takkan kembali normal lagi. Apakah langkah yang saya ambil untuk mengkompres muka (bukannya fisioterapi) merupakan langkah yang baik? Apakah ada sejenis senam wajah yang dapat membantu memudahkan pengobatan penyakit ini? Thx.

     

    Hai Sebagian besar Bell's palsy akan sembuh secara penuh dalam waktu 6 bulan, sangat jarang terjadi kelumpuhan permanen. Beberapa jenis penanganan yang dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan, antara lain:

    • Pengobatan kortikosteroid seperti prednisolone dan prednison. Sebaiknya obat ini diberikan 72 jam sejak gejala awal muncul. Obat ini akan diresepkan selama 10 hari dan dikonsumsi sehari dua kali. Informasinya dapat dibaca di sini.
    • Pengobatan antivirus seperti valasiklovir, walaupun manfaat dari pengobatan antivirus ini masih belum terbukti, namun dapat dipertimbangkan diberikan bersamaan dengan prednison untuk Bell's palsy yang berat.
    • Perawatan mata. Pada Bells's palsy akan terjadi kesulitan untuk menutup kelopak mata sebelah secara penuh, sehingga dapat mengakibatkan kornea mata kering. Dibutuhkan pengobatan air mata buatan dalam bentuk tetes mata yang biasanya diresepkan oleh dokter.
    • Fisioterapi untuk melatih kelumpuhan sementara otot-otot wajah dengan cara menggerakannya dan memijat sehingga merangsang perbaikan fungsi saraf wajah.
    Ketiga hal diatas yang biasanya dilakukan pada Bell's palsy. Bila gejala belum berkurang dalam waktu 3 bulan, maka ada kemungkinan kerusakan saraf berat dan berpotensi terjadi kelumpuhan permanen. Beberapa penanganan lain seperti suntik botox, akupunktur mungkin diperlukan pada Bell's palsy yang berlangsung lama. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pengobatan Bells's palsy. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william