Tanya Dokter

  • Apakah ada cara lain untuk mengobati hernia inguinalis selain operasi?

  •  Dedi Setiadi
    Anggota

    Halo dok, perkenalkan saya dedi laki2 23 tahun.

    Saya sudah merasakan gejala hernia sejak 2014 dan saya langsung berkonsultasi ke dokter. Setelah saya mengetahui ternyata saya mengidap penyakit hernia inguinails, dokter menyarankan saya untuk tidak mengoprasi langsung karena masih gejala yang baru muncul dan otot perut saya masih bagus. Memang yang saya rasakan, ketika saya duduk dilantai terasa ada benjolan yang menjepit didaerah selangkanan, namun tidak terasa sakit. Awalnya saya biasa saja, tapi merasa risih saya harus memasukan benjolan terus menerus. Konsultasi berlanjut dengan dokter, mereka menyarankan agar saya membeli celana hernia, akhirnya saya merasa terbantu. Sekarang saya sudah menahan hernia ini selama 3 tahun, dan kondisi tidak sakit tetapi hernia saya semakin mudah muncul daripada sebelumya.

    Apa yang harus saya lakukan. Saya ingin sekali sembuh dari penyakit hernia ini, agar saya tidak cemas beraktifitas tanpa menggunakan pencegah celana hernia. Mohon sarannya dok, terima kasih

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Penanganan paling tepat menghilangkan hernia adalah dengan operasi yang akan langsung menghilangkan penyebabnya timbulnya hernia tersebut. Pengunaan celana hernia, belt dan lainnya bersifat sementara, hanya berfungsi untuk menahan usus di dalam rongga perut untuk sementara saat alat tersebut digunakan. 

    Operasi akan dilakukan oleh dokter spesialis bedah / dokter spesialis bedah saluran pencernaan (bedah digestif) setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan yang dibutuhkan. Melalui operasi, bagian dinding usus yang lemah akan diperbaiki sehingga usus tidak lagi keluar.

     

    Hernia sendiri merupakan penonjolan usus akibat kelemehan pada dinding penyangga usus di dalam perut, sering diistilahkan "turun berok" oleh masyarakat umum.  Pada laki-laki hernia sering terjadi di daerah yang berhubungan dengan saluran sperma (testis) sebab terdapat lubang di dalam perut, yang merupakan tempat saluran sperma berada dan menyebabkan usus turun ke dalam lubang tersebut. Turunnya usus ini akan tampak seperti penonjolan di selangkangan atau kantung buah zakar. 

     

    Faktor resiko terjadinya hernia antara lain :

    -Sering mengangkat beban yang terlalu berat

    -Aktifitas fisik yang berlebihan, misalnya pada atlet atau olahragawan

    -Batuk lama dan terus menerus

    -Buang air besar keras sehingga sering mengedan

    dan lainnya

     

    Saya sarankan untuk dilakukan operasi sesegera mungkin sebab ada kondisi tertentu usus yang turun bisa terjebak dan menimbulkan nyeri yang luar biasa. Selain itu ada kemungkinan timbul kemandulan di kemudian hari akibat saluran sperma terjepit oleh usus yang turun. 

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia