Tanya Dokter

  • Pengaruh benturan di dada pada penderita efusi pleura

  •  Rina Rinrin
    Anggota
    Selamat pagi dok.. saya mau bertanya, saya di diagnosa terkena efusi pleura kanan, namun cairannya sangat minim dari hasil USG thorax. Yang ingin saya tanyakan, apakah tidak kenapa-kenapa jika saya tidak minum obat? karena saya tidak di berikan obat apapun ketika saya terakhir check up? Lalu, apakah ada efeknya pada efusi pleura saya karena saya mengalami kecelakaan motor dan bagian dada kanan saya terkena stang motor yg saya kendarai? Terima kasih..

    Halo, Rina. Efusi pleura adalah merupakan penumpukan cairan pada  di antara dua lapisan pleura (membran yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam). Normalnya, terdapat sedikit cairan pada pleura sebagai pelumas agar paru-paru dapat bergerak dengan mulus pada rongga paru-paru. Terlalu banyak cairan dapat menyebabkan tekanan pada paru-paru, yang mengakibatkan kesulitan bernapas. Efusi pleura dapat disebabkan oleh :

    • Infeksi paru-paru (pneumonia) dan tuberkulosis paru
    • Gagal jantung kongestif
    • Sirosis (fungsi hati yang buruk)
    • Emboli paru: penyumbatan pada arteri paru-paru
    • Penyakit ginjal yang parah dapat mempengaruhi bagaimana cairan disimpan dalam tubuh
    • Lupus dan penyakit autoimun lainnya.
    • kanker dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru dan pleura

    Perawatan untuk efusi pleura meliputi mengatasi penyebab dan mengurangi gejala. Sering kali tidak perlu ada penanganan khusus untuk penumpukan cairan, karena cairan akan menghilang sendiri apabila jumlahnya sedikit dan penyebab diatasi. Apabila penumpukan cairan menyebabkan rasa tidak nyaman, dokter akan mengeluarkan cairan dengan aspirasi cairan pleura atau drainase pleura. Pengobatan yang tepat tergantung dari penyebabnya. Pengobatannya biasanya digunakan antibiotik dan diuretik. Antibiotik digunakan apabila ada penyebab yang terinfeksi, dan diuretik digunakan untuk mengurangi jumlah cairan efusi pleura. Apabila terjadi benturan pada dada biasanya tidak akan mempengaruhi pada efusi pleura. Namun sebaiknya tetap memeriksakan diri kepada dokter agar dilakukan penangan yang lebih tepat mengenai kondisi Anda setelah kecelakaan.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S