Tanya Dokter

  • Apakah ada gangguan jiwa mengenai pria ingin memiliki semua wanita?

  •  Teguh Aribowo
    Anggota

    Selamat pagi, Dok.
    Sesuai dengan judul yang saya angkat, saya akan mula-mula menceritakan tentang teman saya.

    Singkat saja, ketika dalam sebuah perbincangan yang setidaknya mengenai teman belaka, ada teman saya yang selalu tertarik ketika melihat seorang wanita bahkan dia juga tidak enggan untuk ingin memiliki semua wanita yang ada dalam perbincangan tersebut. 

    Sebelumnya memang sudah saya anggap biasa hal tersebut, namun yang membuat saya ingin bertanya kepada anda, teman saya ini merasa bahwa semua wanita disekitarnya adalah milik dia dan pria lain pun diharuskan untuk tidak mendekati atau bahkan hanya sekedar berbincang dengan salah satu dari wanita tersebut, Dok.

    Ketika salah satu wanita tertarik atau sekedar berbincang saja kepada pria lain yang juga dalam perbincangan, teman saya ini seketika akan memusuhi dia dengan cara tidak menganggap wanita yang melakukan tersebut. Dan juga hal sebaliknya, bila pria lain dalam perbincangan tsb tertarik atau hanya sekedar berbincang pada salah satu wanita di perbincangan tsb, maka teman saya ini juga akan memusuhi dengan cara tidak menganggap pula.

    Apakah hal ini menurut anda sebuah hal biasa? Ataukah memang sebuah gangguan jiwa? Terima kasih sebelumnya, Dok.

    Halo,

    Menyukai seorang wanita dan memiliki keinginan untuk dekat dengan wanita tersebut merupakan hal yang wajar.Jika, teman Anda masih dapat berinteraksi dan melakukan kegiatannya sehari-hari dengan baik, maka hal tersebut belum termasuk dalam gangguan kepribadian.

    Namun, perlu diwaspadai sampai sejauh mana sikap ingin memiliki ini. Apakah sudah sampai tahap melewati batas hingga menimbulkan delusi atau tidak. Delusi yang dimaksud adalah menganggap semua wanita juga pasti menyukainya, merasa bahwa semua wanita tersebut adalah pacarnya, merasa memiliki hubungan khusus  dengan wanita tersebut, dimana dalam kenyataannya hal itu tidak benar. Jika sudah seperti itu dan mulai muncul tindakan-tindakan yang dirasa dapat membahayakan diri sendiri dan orang di sekitarnya, maka hal tersebut sudah termasuk dalam suatu gangguan kepribadian. (Baca artikel ini: Gangguan-kepribadian)

    Oleh karena itu, bila Anda mengetahui orang terdekat Anda mulai menunjukkan gejala-gejala berbahaya, maka dianjurkan untuk mengajaknya menemui psikolog atau psikiater. Psikolog atau psikiater akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kepribadian, pemeriksaan fisik langsung, wawancara medis terpadu, dan pelaksanaan tes medis penunjang jika diperlukan. Hal ini dilakukan untuk menentukan jenis pengobatan dan terapi yang harus dilakukan. Terapi tersebut biasanya mencakup tiga metode, yaitu penenangan dengan segera agar penderita tidak membahayakan dirinya, terapi perilaku kognitif, serta obat-obatan antipsikotik.

    Semoga membantu,

    dr. Theresia