Tanya Dokter

  • Apakah ada hubungannya konsumsi kunyit dan temulawak dengan haid?

  •  teguhpranoto
    Anggota

    assalamualaikum, selamat siang dokter, saya teguh... saya sudah 1.8 bulan menikah, kemarin istri saya sempat telat haid yang semula tanggal 1 kok dan paling geser 1-2 hari malah istri saya telat sekitaran 2 mingguan... ketika saya perhatikan memang melum ada tanda yang mencolok untuk seorang ibu yang hamil muda tapi saya tetap berdoa semoga istri saya hamil.

    setelah sy lihat istri saya konsumsi jamu penambah nafsu makan, yang berupa kunyit dan temulawak maka saya sarankan berhenti dulu untuk mengkonsumsinya, selang beberapa hari istri saya berhenti tiba tiba muncul flek coklat dan keesokan harinya dia haid.

    nah, apakah istri saya hamil, atau ada efek yang ditimbulkan jamu tadi terhadap haid istri saya.

     

    demikian dokter, terima kasih banyak mohon di berikan arahan.

    Hai Teguh Belum ada penelitian secara ilmiah adanya hubungan antara kunyit atau temulawak dengan terjadinya haid. Siklus haid pada wanita baik jadwal ataupun jumlah perdarahannya sangat tergantung dari hormon wanita yaitu estrogen dan progesteron, serta keadaan rahim dan indung telur. Hormon estrogen dan progesteron bersifat fluktuatif (bisa berubah-ubah) sehingga siklus haid pun terkadang bisa berubah. Beberapa hal yang dapat menyebabkan perubahan hormon tersebut, antara lain:

    • Kelelahan fisik
    • Stres psikologis
    • Diet ketat
    • Penurunan atau peningkatan berat badan secara drastis
    Salah satu tanda awal kehamilan yang paling dapat dikenali dan cukup spesifik adalah keterlambatan haid, walaupun tidak selalu terlambat haid akibat kehamilan. Namun pada saat awal hamil dapat terjadi bercak perdarahan saat masuknya sel telur yang telah dibuahi ke dalam dinding rahim. Untuk memastikan awal kehamilan, Anda dapat memeriksakan tes pack yang dapat dibeli pada apotek terdekat, pemeriksaan tes pack cukup akurat setelah pembuahan minimal 2 minggu. Untuk memastikannya Anda dapat memeriksakan ke dokter dan bila perlu dapat dilakukan pemeriksaan USG. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab tidak lancarnya haid. Tanda awal kehamilan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william