Tanya Dokter

  • Pinggang belakang panas, kaki bengkak

  •  Neng489
    Anggota

    Assalamualaikum dok.

    Mama saya akhir-akhir ini sering merasakan panas pada pinggang bagian belakang, juga disertai dengan pembengkakan pada kaki. Apakah itu gejala dari penyakit ginjal ?

    Pada sebelumnya mama saya pernah mengalami hal yang sama dan sempat menjalani pemeriksaan laboratorium, dan dokter memvonis bahwa mama mengalami ginjal bengkak serta terdapat beberapa penyakit lain dan harus dirujuk ke rumah sakit. Tapi, ketika dirumah sakit dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut, ternyata masalah pada ginjal mama saya tidak terlalu serius dan sampai sekarang masih menjalani pengobatan jalan. Apakah gejala yang dialami sekarang masih ada hubungannya dengan penyait yang sebelumnya ? dan sempat satu minggu kebelakang juga menjalani pemeriksaan, namu saya tidak tahu pasti hasil dari pemeriksaan tersebut.

    Mohon penjelasan dan solusi untuk cara mengatasinya dok. Terimakasih sebelumnya.

    Halo, Bengkak pada kaki salah satunya memang disebabkan karena adanya gangguan pada ginjal. Tetapi untuk memastikannya, dokter perlu memeriksa secara menyeluruh kondisi ibu Anda. Pemeriksaan yang dilakukan dapat berupa pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, USG, EKG, echocardiografi. Karena pembengkakan pada tungkai tidak hanya disebabkan oleh organ ginjal, tetapi juga dapat disebabkan oleh organ yang lain. Berikut beberapa kemungkinan penyebab pembengkakan pada tungkai kaki.

    Silahkan mendiskusikan dengan dokter yang merawat ibu Anda mengenai kemungkinan diagnosis yang dialami dan juga rencana terapi atau penanganan ke depannya. Semoga cukup jelas, dr. Tri

    Neng489  Neng489
    Anggota

    maaf dok, kalau rasa panas yang dirasakan pada pinggang bagian belakang itu disebabkan oleh apa ?

    Halo, Rasa pegal atau panas mungkin disebabkan karena rasa nyeri yang menjalar dari organ yang mengalami gangguan atau dapat juga disebabkan karena regangan otot pinggang yang berlebihan. Salam, dr. Tri

    Neng489  Neng489
    Anggota

    Terimakasih dok atas penjelasannya.