Tanya Dokter

  • Tentang indikasi obat hormon insulin

  • Beritahu saya apa nama golongan obatnya indikasi dan kontra indikasi serta dosis obat itu Saya kurang tau apa nama obatnya tapi katanya obat itu bernama lovermir atau apa ada kata obat yang mendekatinya?

    Halo,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Apakah maksud Anda adalah Levermir? Levemir adalah nama dagang untuk insulin kerja panjang yang digunakan untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Diabetes mellitus adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin atau tubuh tidak sensitif terhadap hormon insulin. Hormon insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas yang berfungsi untuk menyalurkan gula (glukosa) dari darah ke organ dan jaringan tubuh yang digunakan sebagai sumber energi. Pada penderita diabetes, gangguan pada hormon insulin ini menyebabkan gula tidak dapat disalurkan ke organ dan jaringan tubuh sehingga kadar gula dalam darah tetap tinggi. Suntikan insulin akan membantu menyalurkan gula darah ke organ dan jaringan tubuh.

    Secara umum, kontraindikasi penggunaan Levemir adalah alergi terhadao insulin, kadar gula darah yang rendah, gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, dan rendahnya kadar potassium dalam darah. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter dan dosis bagi tiap orang tidak sama. Silakan Anda konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam mengenai penggunaan obat ini.

    Semoga membantu,

    Dr. Aloisia