Tanya Dokter

  • Apakah keluar gumpalan darah saat menstruasi mempengaruhi kesuburan?

  •  Diana Yusuf
    Anggota
    Dok nama sy diana,sy mau tx sy jarang haid.kalau haid 6 bulan sekali itupun hanya flek sj,sampai2 sy memutuskan untuk berenti KB supaya bisa haid,yg sy mau mau txkan apakah kalau adax gumpalan darah dalam rahim sy masih bisa hamil dok.soalx takut juga dengarx dok.

    Halo Diana,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Salah satu efek kontrasepsi hormonal adalah terganggunya siklus menstruasi. Gangguan menstruasi yang terjadi antara lain yaitu menstruasi menjadi tidak teratur, menjadi sangat banyak, menjadi sangat sedikit, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali.

    Ketika menstruasi, merupakan sesuatu hal yang wajar bila Anda menemui gumpalan darah yang keluar terutama ketika darah menstruasi sedang banyak. Normalnya ketika terjadi menstruasi, tubuh akan membentuk zat yang mencegah penggumpalan darah (dinamakan antikoagulan) sehingga darah menstruasi yang keluar tidak menggumpal. Gumpalan darah ini biasanya terjadi ketika darah menstruasi yang keluar berjumlah cukup banyak. Ketika darah yang keluar cukup banyak, zat antikoagulan ini tidak cukup sebanding dengan jumlah darah ini untuk menjalankan tugasnya sehingga Anda akan menjumpai gumpalan ini. Hal ini merupakan hal yang normal. Pertanyaannya saat ini adalah apakah yang Anda maksud dengan gumpalan darah dalam rahim? Apakah gumpalan darah ketika menstruasi atau kondisi kesehatan lain seperti endometriosis?

    Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan dinding rahim/endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Jaringan tersebut juga mengalami proses penebalan dan luruh, yang sama dengan siklus menstruasi. Namun, darah tersebut akhirnya mengendap dan tidak bisa keluar lokasinya di luar rahim. Endapan darah ini tersebut akan mengiritasi jaringan di sekitarnya sehingga dapat terbentuk jaringan parut. Apabila endometriosis terjadi di saluran telur, maka hal ini dapat mempersulit seorang wanit untuk memiliki buah hati.

    Jika Anda memang sedang mengharapkan kehadiran buah hati, silakan Anda menghentikan penggunaan kontrasepsi dan kemudian berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan jika Anda memiliki kekhawatiran dengan kondisi Anda ini.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia