Tanya Dokter

  • Hubungan intim saat haid, Apakah bisa hamil ?

  •  Bilaname
    Anggota
    malam dok, saya ingin bertanya kkak perempuan saya melakukan hubungan intim dengan suaminya di malam pertama mereka.. kata kakak saya penis suaminya susah masuk ke dalam vagina nya jadi hanya menggesek-gesekkan penis nya di mulut vagina kakak saya dan hanya sesekali mencoba untuk masuk ke dalam vagina tetap tidak bisa masuk seperti ada dinding yang membatasi, jadi suaminya ejakulasinya hanya melakukan seks oral saja dan tidak di mulut vagina kakak saya, tetapi saat itu kakak saya sedang menstruasi, apakah bisa hamil dok dengan hanya menggesekkan alat vital mereka??

    Halo, terima kasih telah bertanya di alodokter.com :)
    Saya akan coba bantu jelaskan ya.

    Petting atau kegiatan menggesekan alat kelamin dengan atau tanpa pakaian merupakan salah satu bentuk kegiatan seksual. Bila hanya petting (saya asumsikan tidak terjadi penetrasi (masuknya) penis dalam vagina, maka kemungkinan besar tidak akan terjadi kehamilan. Akan saya jelaskan seputar masa subur dan kehamilan.

    Kehamilan dapat terjadi tergantung dari kondisi hormon dan kesiapan sel telur (masa subur) saat terjadinya penetrasi / masuknya penis ke dalam vagina. Bila pasangan Anda sedang dalam masa subur, kehamilan dapat terjadi dalam 24 jam. Gejala kehamilan dibagi menjadi tanda pasti (hasil testpack / USG) dan tanda tidak pasti (telat haid, mual, muntah, perubahan payudara, flek (spotting) dsb). Dapat Anda baca pada diskusi berikut : Hamil atau Tidak?

    Yang di maksud dengan masa subur adalah tahap ovulasi sel telur (di mana sel telur siap dibuahi) dalam rahim. Ovulasi biasanya terjadi pada sekitar 14 hari sebelum hari pertama periode menstruasi yang akan datang. Jadi jika siklus haid (normalnya 21 – 35 hari) kakak Anda adalah 28 hari (dihitung dari hari pertama haid bulan sebelum, hingga hari pertama haid bulan selanjutnya), maka ovulasi biasanya terjadi pada sekitar 14 hari sebelum hari pertama periode menstruasi yang akan datang. Bila wanita sedang dalam masa subur (masa ovulasi), kehamilan dapat langsung terjadi dalam 24 jam. Tentu saja masih dipengaruhi oleh faktor lain seperti sel sperma dari pria, kondisi fisik wanita tersebut, dan sebagainya. Tetapi sekali lagi, harus terjadi penetrasi (masuknya) penis ke dalam vagina dan sperma di ejakulasikan (dikeluarkan) di dalam vagina.

    Namun untuk lebih pasti, Anda dapat berkonsultasi pada dokter ahli kandungan. Dokter akan melakukan anamnesis (pertanyaan seputar keluhan), pemeriksaan fisik pada perut dan alat reproduksi, dan bila diperlukan pemeriksaan USG perut untuk menunjang diagnosis. Beberapa langkah yang dapat kakak Anda dan pasangan lakukan agar selalu sehat:
    •    Menjaga berat badan ideal , sesuai Index Massa Tubuh
    •    Berolah raga teratur, cukup gerak
    •    Makan makanan yang tinggi vitamin C, vitamin E, buah-buahan dan sayur
    •    Minum yang cukup : untuk wanita, yang dianjurkan adalah 8 gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.
    •    Mengurangi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi
    •    Manajemen stress
    •    Tidak merokok, minum alkohol
    •    Bila tidak merencanakan kehamilan sebaiknya menggunakan pengaman seperti kondom. Selain itu kondom juga dapat mencegah penularan infeksi menular seksual.
    •    Bila ingin cepat hamil, Anda dapat melihat tautan berikut : Merencanakan Kehamilan

    Semoga membantu ya, terima kasih :)
    Salam, dr. Mirra Mareta Supit