Tanya Dokter

  • Pengaruh penyakit cacar terhadap ibu menyusui

  • Dok saat ini saya sedang cacar, dan menyusui apakah saya masih boleh memberikan ASI? saat ini anak saya berusia 2 bulan apakah anak saya bisa tertular cacar saat satu ruangan dengan saya?

    Halo,   Ya, bayi anda bisa tertular cacar dari Anda melalui sentuhan fisik atau berada dalam kamar yang sama. Ini karena virus cacar dapat menyebar melalui udara melalui droplet batuk atau bersin dan mengendap di pakaian, mainan dan barang barang lain yang berada di kamar. Jadi saran terbaik adalah dengan memisahkan bayi Anda ke ruangan lain selama Anda masih menderita cacar sampai 5-6 hari cacar Anda kering dan sembuh sempurna. Virus cacar umumnya tidak ditularkan melalui ASI, jadi Anda masih dapat memberikan ASI (menyusui) kecuali jika infeksi didapatkan 5 hari sebelum persalinan atau 3 hari sesudah bersalin. Namun jika Anda menderita infeksi >3 hari sesudah bersalin maka Anda tetap bisa menyusui bayi Anda namun harus tetap memperhatikan keamanan lebih jauh seperti :

    1. Menggunakan masker.
    2. Mencuci tangan dan payudara sebelum menyusui.
    3. Menutupi tempat lenting agar tidak terkena bayi secara langsung.
    Untuk keamanan lebih lanjut Anda bisa melakukan Peras susu Anda dengan menggunakan alat khusus dan simpan di kulkas sebanyak mungkin untuk kebutuhan bayi Anda. Bayi Anda bisa meminum susu melalui botol hingga Anda sembuh. Baca artikel Bolehkah menyusui saat menderita infeksi menular pada ibu? Semoga membantu.   dr. Yusi