Tanya Dokter

  • Apakah arti limfosit dan eosinofil darah jika dibawah nilai rujukan?

  •  hildiradya
    Anggota
    Saya Nararya 25thn. Baru saja cek darah di laboratorium rumah sakit dan melihat hasil limfosit% dan eosinofil% di bawah nilai rujukan. Lalu monosit% berada di atas nilai rujukan. Apakah artinya ya dokter? Terima kasih.
    hildiradya  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Naraya, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih. Seperti halnya sel darah putih lainnya, limfosit berfungsi membantu sistem daya tahan tubuh. Limfosit terdiri dari tiga jenis yaitu sel B, sel T dan sel natural killer. Limfosit membantu melawan dan mencegah infeksi bakteri dan virus pada tubuh, serta membantu melawan kanker. Bila jumlah limfosit menurun, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi akan terganggu. Selain itu, tubuh dapat menjadi lebih rentan terkena penyakit kanker. Kondisi dengan tingkat limfosit rendah disebut limfositopenia atau limfopenia.

    Monosit adalah salah satu komponen sel darah putih. Sel dapat putih sendiri merupakan komponen dari darah yang menunjukkan kemungkinan terjadi nya infeksi pada tubuh seseorang. 

    Eosinofil adalah jenis sel darah putih selain empat jenis lainnya, yang memiliki fungsi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kelima jenis sel darah putih ini diproduksi oleh sumsum tulang, yaitu eosinofil, neutrophil, limfosit, monosit, dan basofil. Tiap jenis sel darah ini akan terpengaruh dengan cara berbeda setiap kali seseorang mengalami penyakit atau gangguan  kesehatan tertentu.

    Kami tidak dapat memastikan penyebab kondisi Anda jika hanya melihat dari keterangan hasil lab yang Anda berikan, tanpa melihat kondisi klinis. Kami sarankan Anda untuk menemui dokter yang menyarankan pemeriksaan tersebut, agar dijelaskan lebih lanjut mengenai hasil dan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan klinis sehingga diketahui penyebab kondisi Anda saat ini dan mendapat terapi yang tepat. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo