Tanya Dokter

  • Gejala penyakit asma

  • Selamat Pagi.. Dok saya brumur 25 th, Waktu sy kecil pernah sakit bronchitis, saya juga punya riwayat alergi udara dingin(akan jd bentol dan gatal2) , dan Kakek saya punya riwayat asthma .Sudah sekitar 4 th belakangan dada sy sering sesak bisa 3 Bulan sekali kadang juga sebulan 1 kali d jangka waktu 1-4 hri, saya sampai tidak bisa tdr, dan harus posisi duduk , kalau saya paksakan tdr pun saat bangun bibir saya biru tenggorokan n mulut kering sepertinya kurang okesigen dok. sesak di dada yg lama membuat badan saya suka demam dan di saat saya kambuh itu bisa seminggu saya lemas dan lelah dok.

    Karna sy sudah tdk tahan dan terulang trus di awal oktober saya pergi ke 2 rmh skit ke spesialis paru. Dimana di dokter pertama sya di minta untuk test darah lengkap, rontgen, spirometri Melihat hasilnya Dokter pertama bilang saya terkena asthma broncial . Saya pun diberi obat hirup seretide discus dan Teosal, antibiotik, obt batuk, obt radang, obt alergi tapi setelah minum obat tangan saya mengalami termor hebat dan badan sya lemas dok. Seminggu sy minum obt sesuai anjuran dokter namun kasiatnya hanya sebentar saja dan kembali merasa sesak.

    Akhirnya saya ke Rs ke2 dengan membawa hasil penunjang medis dan catatan obt apa saja yg sudah saya minum, Namun dokter tidak bilang diagnosanya tapi dia menanyakan apakah saya sudah di beri obat diskus seretide, dan akhirnya saya di inhalasi dan di beri obt batuk,antibiotik dan obat racikan, setelah di inhalasi saya bener2 gemetar tangan smpai kaki dok. Dokter bilang saya sensitif. Tapi setelah minum obt dokter Ke 2... Sesak saya hilang namun hanya 2 minggu saja dan sekrng karna cuaca juga dingin saya merasakan sesak hpir tiap hari.

    Sesak yg saya rasa dr dulu itu sesak di dada saat ambil dan mengeluarkan nafas tidak bisa dalam, alhasil nafas saya pendek, namun tidak mengeluarkan suara mengi, seperti ada lendir di kerongkongan saya namun gak bisa dikeluarkan kaya sakit batuk. Dan jika terlalu lama sesak badan demam sekitar 37,6°-38,7° dan itu terjadi setiap saya stress dan udara dingin. Bahkan skrng kalo terkena debu dan asap juga dok.

    Yang saya tanyakan dok apakah saya terkena asthma walau tidak mengi?

    Karna saya tdk cocok dengan obt asthma karena efek termor di tangan , apa ada cara lain dok untuk menanggulangi kalo saya kambuh?

    Karna semua obat sudah abis saya hanya menggunakan seretide discus dan obat alergi, apa perlu saya ke dokter lagi dok?

    Trima Kasih banyak dok

    Halo Yuniar....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang Anda alami kemungkinan memang mengarah ke suatu Asma, dimana penyakit ini merupakan penyakit jangkan panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Gejala dari asma sendiri yang paling utama adalah kesulitan untuk bernapas, mengi atau suara yang timbul dapat saja terjadi ataupun tidak === oleh karena itu tidak dapat dijadikan sebagai patokan dalam menyingkirkan diagnosa asma. Selain dari sesak dan bunyi napas, asma juga dapat disertai dengan gejala :

    • Batuk - batuk
    • kesulitan untuk tidur
    • Bibir dan jari yang terlihat membiru
    • Pusing, lelah, mengantuk
    • Denyut jantung yang meningkat
    • Nyeri pada dada
    • dll.
    Penyebab dari timbulnya asma sendiri belum diketahui dengan pasti, akan tetapi terdapat beberapa hal yang umumnya memicu munculnya keadaan ini, yaitu : asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, terpapar zat kimia, dsb. Obat - obatan untuk menanggulangi asma sangatlah banyak jenisnya, jika Anda tidak cocok menggunakan obat yang satu, Anda dapat mendiskusikan kepada Dokter yang menangani Anda === sehingga Dokter dapat memberikan obat dengan jenis yang lain yang cocok kepada Anda. Obat - obatan Asma sendiri diantaranya adalah : steroid oral, tablet theophyline, Tablet leukotriene receptor antagonist, Ipratropium, dll. Jika obat - obatan yang Anda biasa digunakan sudah habis, cobalah temui Dokter Anda untuk mendapatkannya kembali. Akan tetapi jangan lupa untuk menanyakan kepada Dokter Anda, apakah obat - obatan tersebut dapat Anda beli sendiri di apotik, sehingga sewaktu - waktu dibutuhkan Anda masih mempunyai obat tersebut. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : ASMA Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati