Tanya Dokter

  • Penyebab mata merah dan sakit

  • Pagi dok.. Kemarin mata saya tiba2 saja sakit kemudian saya lihat di kaca mata saya jadi merah tetapi hanya di bagian kanan bawah mata saja, saya coba beri obat tetes mata, tetapi rasa nya perih. Apakah itu bahaya dok?
    Dewi Suhardiman  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Dewi,

    Masalah pada mata menjadi merah perlu dinilai lebih lanjut dikarenakan masalah pada mata merah terbagi menjadi mata merah tanpa penurunan tajam penglihatan, mata merah dengan penurunan tajam penglihatan secara mendadak, atau mata merah dengan penurunan tajam penglihatan peralahan.

    Untuk itu jika mata merah tetap tidak mengalami perubahan setelah diberi tetes mata bebas, dan menimbulkan rasa yang lebih tidak nyaman sebaiknya segera periksakan pada dokter atau dokter mata terlebih jika membuat pandangan lebih buram atau kabur saat melihat benda atau membaca.

    Beberapa kemungkinan penyebab mata merah diantaranya adalah:

    • Konjungtivitis atau infeksi dan peradangan pada mata bagian karena infeksi virus, infeksi bakteri, alergi atau karena infeksi jamur
    • Sindrom mata kering akibat aktivitas sehari-hari, iritasi mata, cuaca, asap rokok, paparan matahari dan lainnya
    • Mata lelah karena penggunaan layar komputer atau gadget
    • Luka atau trauma pada bagian mata yang merah karena tertekan, adanya benda asing, zat kimia atau tergores

    Untuk mengatasinya sementara dapat dilakukan upaya seperti menghindari faktor pencetus mata merah, hindari penggunaan make up dan dibersihkan setelah selesai jika memang menggunakan, hindari mengucek atau menggaruk mata, mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh mata, mengurangi aktivitas yang membuat mata lelah, menghindari penggunaan lensa kontak dan gunakan pelindung mata terutama saat berada diluar rumah.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.