Tanya Dokter

  • Apakah luka bakar di wajah dapat hilang?

  • Selamat siang dokter. Saya ingin bertanya. 1 minggu yglalu wajah saya trkena ceprikan mercun. Saya sudah membawanya kedokter dan skrg lukanya juga sudah kering, tpi lukaknya meninggalkan warna merah dokter Menurut dokter apakah lukak itu berbekas diwajah saya atau tidak?

    Jawaban dri dokter sangat berguna bagi saya. Terimakasih

    Dok,balas doong.

    Halo,   Luka pada kulit akibat panas/ api (luka bakar) bisa menimbulkan bekas yang tidak menyenangkan untuk dilihat terutama jika terjadi di daerah wajah. Untuk menentukan perbaikan kulit maka kedalaman luka bakar serta tindakan yang dilakukan setelah penyembuhan luka akan berperan penting. Untuk mengurangi bekas luka agar terlihat lebih samar Anda bisa melakukan :

    1. Gunakan tabir surya setiap beraktivitas dibawah sinar matahari untuk mencegah bekas luka menghitam.
    2. Gunakan krim wajah yang cocok untuk kulit Anda. Hindari penggunaan make up berlebih untuk menutupu bekas luka saat ini yang justru bisa memicu bekas luka menjadi kehitaman.
    3. Gunakan salep khusus untuk mencegah bekas luka seperti dermatix saat luka masih kondisi baru sehingga bekas akan menghilang lebih baik.
    4. Hindari memegang bagian yang luka terlalu sering.
    5. Hindari menggosok bagian yang luka terlalu kuat.
    6. Tutup bekas luka jika perlu.
    7. Jika perlu berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk memberikan krim tambahan agar bekas luka tidak terlalu nampak.
    8. Lakukan laser ke dokter kulit saat luka Anda sudah membaik dengan sempurna namun bekas masih terlihat jelas.
    9. Hindari penggunaan masker dll terlebih dahulu sampai luka benar sembuh.
    Untuk info yang lebih jelas Anda bisa melakukan konsultasi secara langsung ke dokter kulit. Dokter kulit akan memeriksa wajah Anda dan bekas luka dan menentukan terapi terbaik untuk kasus Anda. Baca topik Solusi luka bakar. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi