Tanya Dokter

  • Benang jahitan di mulut, tumbuh menjadi daging kah ?

  •  Wahyu Sanchez
    Anggota
    malam dok.. nama sy wahyu minggu lalu saya habis kclakan trs mulut saya robek dan terpaksa mulut sy dijahit diluar dan didalam mulut sy,, prtnyaanya apakah benang jahitan dimulut sy bisa jadi daging dokk,, klo harus dicopot lg rasa sakitnya sprti apa? trmakasih dok

    Halo Wahyu,

    Penjahitan luka merupakan salah satu cara untuk membantu penyembuhan luka terutama untuk luka-luka terbuka yang cukup signifikan. Biasanya sebelum melakukan penjahitan luka, luka harus dibersihkan sedemikian rupa sehingga bebas dari kotoran yang dapat berpotensi menyebabkan infeksi pada luka di kemudian hari.

    Pemilihan benang pada penjahitan luka tergantung pada posisi luka pada anggota tubuh (misalnya pada wajah, tungkai) dan apakah pada dinding mukosa (dinding mukosa adalah dinding yang melapisi suatu organ yang menghasilkan lendir misalnya pada rongga mulut, kelopak dalam mata, vagina, dsb) atau tidak. Luka yang ada pada wajah biasanya menggunakan ukuran jarum dan benang yang lebih kecil sedangkan pada bagian tubuh lain menggunakan ukuran yang lebih besar. Penjahitan luka pada dinding mukosa biasanya menggunakan benang yang dapat diserap tubuh (atau dengan bahasa awam diserap menjadi daging) sedangkan pada kulit tubuh lain menggunakan benang yang tidak dapat diserap tubuh dan harus dilepas kembali ketika luka sudah menutup dan sembuh.

    Mengenai pertanyaan Anda, apakah jahitan perlu dibuka, tentu saja tergantung pada benang yang digunakan oleh dokter yang menjahit luka Anda. Pada mulut bagian dalam, biasanya menggunakan benang jahit yang dapat diserap tubuh. Sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang menjahit luka Anda sehingga Anda mengetahui lebih jelas jenis benang jahit yang digunakan sehingga dapat ditentukan apakah jahitan perlu dilepas. Jika benang jahitan perlu dilepas Anda dapat merasakan sedikit rasa tidak nyaman dan tidak sama dengan nyeri ketika dijahit.

    Semoga informasi ini berguna.

    dr. Aloisia

     

    Wahyu Sanchez  Wahyu Sanchez
    Anggota
    trimakasih dokk infonya