Tanya Dokter

  • Menghitung usia kehamilan

  • Selamat Sore Dok..

    Saya mau tanya Dok, saya menikah pada 04 april 2015. sebelum menikah saya dalam kondisi menstruasi. tanggal 02 april 2015 sudah selesai mentruasi dok. Nah pada tanggal 21 April 2015 saya kembali menstruasi dok itupun hanya sekitar 3 hari saja keluar darah. setelah hari ke empat sudah bersih. Sekitar akhir Mei 2015 kepala saya sering pusing dok saya juga sering mengantuk. Sampai akhirnya saya iseng-iseng melakukan testpack hasilnya positif Dok garis dua samar. setelah itu saya periksa ke spesialis belom bisa  dinyatakan positif katanya. lalu beberapa minggu kemudian saya periksa lagi kebidan dok katanya sudah positif. jadi sampai hari ini apakah usia kandungan saya sekitar 5 Bulan Dok ?? dan apakah Saya benar-benar subur Dok ?? Saya khawatir setelah melahirkan kalau saya tidak mengikuti program KB akan telat kembali karena kebetulan Keluarga saya ada turunan keluarga Besar Dok. Mohon jawabannya Dok.

    Terimakasih banyak..

    Salam,

    Wulan

     

    Halo,   Ya jika dilihat dari hari pertama haid terakhir Anda maka usia kehamilan Anda telah memasuki masa akhir bulan ke 5 dan akan memasuki bulan ke 6. Namun untuk pemastian Anda bisa melakukan penghitungan sendiri dengan beberapa metode seperti :

    1. USG.
    2. TFU
    3. Kalkulator usia kehamilan.
    Baca topik Menghitung usia kehamilan. Kehamilan akan terjadi jika sel telur yang sehat dibuahi oleh sel sperma yang sehat dan hasil konsepsi tersebut bisa berimplantasi (menempel) pada rahim yang sehat pula. Untuk mencegah kehamilan terlalu cepat/ dini Anda bisa melakukan kontrasepsi setelah masa nifas (40 hari selesai bersalin). Pilihlah metode kontrasepsi yang bisa mencegah kehamilan sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Dear Dr. Yusi, Terimakasih banyak atas jawabannya. Salam, Wulan