Tanya Dokter

  • Telat haid 1 minggu dan hasil testpack positif. Hamilkah ?

  •  aleena
    Anggota

    Saya sudah telat haid selama seminggu dan sudah tespek selama 4 hari berturut2 dan semua hasilnya positif . saya tidak merasakan mual, pusing dan muntah seperti yang dialami orang kebanyakan. sesekali saya mengalami pusing dan sedikit sekali mual tapi tidak setiap hari dan serng mengantuk. saya sudah periksa ke puskesmas tapi saya tidak mendapatkan penjelasan apakah saya benar-benar hamil dan hanya dilakukan uji lab darah dan kencing (tanpa tes kehamilan lagi). apakah saya memang benar-benar hamil dok? karena saya juga khawtir akan kehamilan kosong.. dan apakah ciri atau tanda kehamilan kosong?  terima  kasih

    Halo aleena, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kehamilan memang dapat memberikan tanda-tanda tertentu seperti mual dan muntah serta pusing. Namun tidak semua wanita hamil harus mengalami tanda-tanda tersebut. Bila anda telah melakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack dan hasilnya positif, maka 99% kemungkinannya anda benar-benar hamil, apalagi anda telah melakukan pemeriksaan berkali-kali. Maka sudah dipastikan bahwa anda memang sedang hamil.

    Blighted ovum (BO) atau kehamilan anembrionik atau yang lebih dikenal dengan kehamilan kosong dapat terjadi apabila sel telur yang dibuahi oleh sperma menempel pada dinding rahim, namun janin tidak dapat berkembang. Pada kondisi ini, seorang wanita akan mendapat hasil pemeriksaan kehamilan dengan test pack yang positif, serta dapat mengalami gejala-gejala kehamilan seperti biasa, namun pada akhirnya kehamilan dengan BO akan berakhir dengan keguguran. Pada saat terjadi keguguran inilah seorang wanita akan merasakan gejala-gejala keguguran seperti:

    1. Perdarahan dari vagina yang biasanya banyak dan bisa bergumpal
    2. Terdapat gumpalan jaringan kehamilan yang keluar dari vagina. Gumpalan jaringan kehamilan ini biasanya berwarna abu-abu gelap dan teraba padat, tidak seperti gumpalan darah yang mudah hancur bila ditekan.
    3. Nyeri atau kram pada perut bagian bawah yang nyerinya lebih kuat daripada nyeri menstruasi

     

    Sebelum terjadinya keguguran, diperlukan pemeriksaan seperti USG untuk dapat mengetahui apakah seorang wanita mengalami kehamilan kosong atau tidak. Pada pemeriksaan USG dapat terlihat kantong kehamilan, namun tidak terdapat janin di dalamnya. 

    Bila saat ini anda mengalami keterlambatan menstruasi selama seminggu, kemungkinan kehamilan anda saat ini berusia 5-6 minggu. Biasanya dokter kandungan akan menyarankan dilakukannya USG pada usia kehamilan 6-10 minggu. Untuk saat ini, sebaiknya anda menjaga kandungan anda dengan baik dengan meminum vitamin kehamilan secara rutin, menjaga makanan yang anda makan, usahakan selalu makan makanan yang bergizi baik dalam jumlah cukup, istirahat dan tidur secukupnya, serta jangan lupakan untuk berolahraga ringan secara rutin.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia