Tanya Dokter

  • Media penularan HIV

  • dok saya mau tanya tentang penularan Hiv.Seperti yang diketahui penularan Hiv itu melalu cairan sperma,darah,vagina dan anus.Tapi yang menjadi pertanyaan saya dok:

    1)Jikalau suatu benda terkena dara/sperma contoh baju.celana dalam dll tapi darah/sperma itu sudah mengering. apakah jika mengenai luka masih bisa menularkan Hiv dok ? saya pernah baca artikel di spiritia jika darah/sperma menggering makan virus itu akan mati,apakah benar dok ?

    2)Jika suatu benda terkena darah/sperma contoh sikat gigi kena darah,baju kena sperma lalu kita kucurkan dengan air sehingga darah/sperma hilang.apakah sikat gigi/baju jika mengenai luka masih bisa menularkan Hiv dok ? apakah virus masih tertinggal meskipun sudah di kucur/disiram air dok ?

    3)Jika suatu benda terkena darah/sperma contoh meja terkena darah,gagang pintu kena darah lalu kita lap dengan tisu/kain sehingga darah tersubut hilang.apakah meja/gagang pintu jika mengenai luka masih bisa menularkan Hiv dok ? apakah virus masih tertinggal meskipun sudah di lap dengan tisua atau kain dok ?

    mohon pencerahannya dok. <div style="overflow: hidden; color: #000000; background-color: #ffffff; text-align: left; text-decoration: none;">

    </div>

    Danielbambang1  Danielbambang1
    Anggota

    mohon jawabnya dok

    Danielbambang1  Danielbambang1
    Anggota

    dok mohon responnya dok

    Halo Daniel,   Virus HIV membutuhkan kondisi tertentu untuk bertahan hidup. Dan tidak bisa bertahan di luar tubuh hospes terutama yang kaya akan oksigen. Menurut CDC, virus ini hanya akan bertahan beberapa menit hingga jam (tergantung suhu, kelembaban dll) saat ada di lingkungan luar. Sehingga kemungkinan untuk terkena HIV dengan menyentuh gagang pintu (apalagi yang sudah dibersihkan) adalah tidak ada. Hingga saat ini belum ada data ditemukannya kasus infeksi HIV akibat hal tersebut. Mengenai baju yang terciprat darah dan sperma, memang sebaiknya lebih diperhatikan dengan seksama, karena darah dan sperma adalah media yang sesuai untuk virus tersebut bertahan. Jika kondisi sudah mengering memang kemungkinan virus sebagian besar sudah mati, namun perhatian lebih untuk mencegah infeksi sebaiknya tetap diutamakan. Menurut CDC, kondisi darah dan sperma yang mengering tersebut menandakan bahwa sekitar 90-99% virus sudah mati dalam beberapa jam. Mengenai sikat gigi yang dibasahi dengan air mengalir, menurut CDC pendilusian tersebut akan menyebabkan penurunan jumlah virus secara signifikan, dan umumnya virus akan mati selang beberapa jam. Secara medis CDC menyatakan bahwa kondisi ini memiliki kemungkinan infeksi mendekati 0%. Namun bersikap lebih higienis dan berhati hati tentu akan lebih baik dalam menangani penyakit yang belum memiliki obat ini. Hindari penggunaan alat pribadi bersama sama, hindari seks bebas dna Hindari Penggunaan jarum suntik bersama. Baca artikel HIV. Semoga memperjelas.   dr. Yusi