Tanya Dokter

  • Pengaruh benjolan di payudara terhadap kesuburan

  • Malam .. Dokter saya mau tanya apakah benjolan di payudara akan mempengaruhi kesuburan ? Di payudara sebelah kiri saya ada benjolan , benjolannya terkadang besar terus tiba tiba kecil kadang pula terasa sakit kaya ngesara linu gitu .. Yang saya tanyakan apakah benjolan tersebut akan mempengaruhi kesuburan soalnya saya belum punya momongan , sebelumnya saya suntik kb 3 bulan tapi cuma satu kali , lepas kb sudah satu tahun setengah tapi belum hamil juga .. Gimana iya solusinya ? Saya kepengen bgt hamil punya anak .

    Dokter mohon di jawab .

    Halo, pertama-tama saya kira benjolan pada payudara tersebut tidak mempengaruhi kesuburan Anda. Kesuburan seorang wanita ditentukan oleh hormon-hormon, indung telur, patensi tuba dan kondisi rahimnya. Jadi payudara bukanlah organ yang dapat mempengaruhi kesuburan Anda. benjolan pada payudara, seberapapun kecilnya sebaiknya diperiksakan dan dievaluasi oleh dokter, untuk memastikan sifat-sifatnya apakah cenderung jinak atau ganas. pada sebagian besar kasus, jika benjolan payudara tersebut dapat membesar dan ngecil , apalagi dipengaruhi oleh siklus menstruasi Anda maka mungkin merupakan suatu kista pada payudara, meski demikian penyebab lain seperti fibroadenoma, papiloma, dan sebagainya harus tetap dipikirkan. pemeriksaan penunjang pada wanita usia muda yang dapat dilakukan adalah USG payudara. Jika Anda pernah menggunakan KB 3 bulanan , sepanjang menstruasi Anda sudah kembali, maka sudah tidak ada hubungannya lagi dengan belum dimilikinya anak sampai saat ini, karena menstruasi yang telah kembali menunjukkan efek/pengaruh obat KB suntik tersebut sudah menghilang, dan pengarunya bersivat reversibel / tidak permanen. Pasangan yang setelah lebih dari setahun melakukan hubungan seksual secara rutin tanpa pengaman dan kontrasepsi tetapi bleum memiliki anak dikategorikan sebagai suatu infertilitas. Penyebabnya sangat banyak, dapat berasal dari suami, istri, atau keduanya sehingga masalah infertilitas adalah masalah pasangan bukan hanya masalah si wanita atau si pria saja. Sebaiknya kunjungi dokter untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut, sebaiknya pada suatu klinik fertilitas, dimana wanita akan dievaluasi oleh dokter kandungan dan pria oleh dokter androlog / urolog. Selain pemeriksaan fisik, pada pria biasanya perlu dilakukan analisa sperma dan pada wanita perlu usg dan HSG dan jika perlu pemeriksaan hormon untuk mencaritahu penyebab infertilitas tersebut. penyebab infertilitas pria penyebab infertilitas wanita tips agar cepat hamil demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

    Apakah semacam kista di payudara itu berbahaya dok ? Saya takut kalau harus di operasi .. Dan ejakulasi dini itu seperti apa ia dok ? Apakah mempengaruhi kesuburan ?

    Dok penyakit menular seksual itu seperti apa sih ? Mohon di jawab mkch .