Tanya Dokter

  • KB implan dan menstruasi berkepanjangan

  •  mislawati
    Anggota

    Siang dok,sy mis umur sy 33 thn,gn dok sy psg kb inflant br 2 blnan ini,trus skrg sy menstruasi sdh 24 hr dok blm jg kering ,mensny sedikit2 dok,apkh itu tdk berbahaya dok,trmksh dok.

    Hai Mislawati Salah satu efek samping dari KB hormonal terutama saat penggunaan awal adalah terjadinya gangguan siklus atau jumlah menstruasi, ini disebabkan oleh efek hormon KB yang mempengaruhi hormon alami tubuh. Efek samping yang terjadi dapat berbeda pada tiap wanita, ada yang mengalami gangguan berupa menstruasi lebih banyak dan lebih panjang atau sebaliknya sedikit dan bahkan tidak menstruasi. Gangguan siklus menstruasi ini dapat terjadi sampai terjadi adaptasi tubuh terhadap efek hormonal KB dan tidak biasanya bukan suatu hal yang berbahaya. Namun jika menstruasi Anda semakin banyak dan berkepanjangan, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan USG dan bila perlu dilakukan penanganan lebih lanjut. Mengenai efek samping dari KB susuk pernah kami bahas yang dapat Anda ikuti pada tautan berikut ini: Efek samping KB susuk berupa sering menstruasi. Dan juga artikel mengenai memilih tipe KB dapat Anda baca sebagai informasi tambahan pada tautan berikut ini: Memilih alat kontrasepsi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william