Tanya Dokter

  • Gatal dan nyeri pada vagina

  • Siang dok, saya wina usia 18th mau tanya saya mempunyai bentuk vagina yang bagian dalamnya menonjol keluar, ukurannya lebih besar hanya sebagian saja dan berwarna cokelat kehitaman. Terkadang ketika saya sedang jalan terasa sakit seperti ditusuk jarum dan gatal. Kebetulan saya belum menikah. Apakah itu berbahaya dok? Dan apa yang harus saya lakukan? Mohon untuk balasannya Terima kasih.

    Wina Oktaviani  Wina Oktaviani
    Anggota

    dok, saya wina usia 18th mau tanya saya mempunyai bentuk vagina yang bagian dalamnya menonjol keluar, ukurannya lebih besar hanya sebagian saja dan berwarna cokelat kehitaman. Terkadang ketika saya sedang jalan terasa sakit seperti ditusuk jarum dan gatal. Apakah itu berbahaya dok? Dan apa yang harus saya lakukan? Mohon untuk balasannya Terima kasih.

    Hai, Bila keluhan rasa gatal dan nyeri di vagina hanya dialami sesekali, hal ini kemungkinan disebabkan oleh iritasi karena gesekan dengan pakaian dalam ataupun akibat pemakaian pembalut. Namun bila keluhan yang dialami sering terjadi atau bahkan disertai dengan keputihan, hal ini dapat diakibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab berikut ini:

    Berbahaya atau tidaknya suatu kondisi tentunya tergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu jika keluhan terus berlanjut sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menelusuri penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menganjurkan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti tes darah, tes cairan vagina, dan sebagainya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan kondisi yang mendasarinya. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:
    • Mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang lembut, dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak ketat
    • Segera mengganti pakaian dalam setiap kali sudah terasa basah atau lembab
    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Hindari penggunaan produk tertentu pada area organ intim (sabun, losion, parfum dll)
    • Biasakan membersihkan organ intim dari arah depan ke belakang, untuk mencegah kontaminasi bakteri dari anus ke vagina
    • Hindari penggunaan pembersih vagina yang terlalu sering karena dapat menyebabkan gangguan keseimbangan flora normal vagina sehingga rentan terjadi infeksi
    Baca laman artikel berikut ini: Menangani vagina gatal Gejala dan potensi penyakit pada vagina Penyebab penyakit vagina Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman