Tanya Dokter

  • bahaya menahan sperma keluar saat masturbasi

  •  Ariba
    Anggota

    Dok, apakah berbahaya jika sering menahan sperma untuk keluar saat masturbasi? Dari beberapa sumber dikatakan itu baik untuk latihan ejakulasi, tapi ketika saya coba selama 3  hari menahan ejakulasi ketika masturbasi, penis saya terasa agak perih karena merasa ada yang tertahan untuk keluar. Jadi ketika dirasa sperma ingin keluar saya tahan saya coba alihkan ke yang lain atau saya akhiri masturbasi saya sampai penis lemas kembali. Apakah jika dilanjutkan seperti itu berbahaya untuk kesehatan? Atau memang seperti itu efek dari latihan ejakulasi ketika masturbasi? Terima kasih.

    Terima kasih Ariba atas pertanyaannya.

    Menahan sperma sesaat sebelum keluar memang merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat ejakulasi lebih lama. Namun, memang terkadang hal ini dapat membuat nyeri karena tekan yang dilakukan pada penis terkadang terlalu keras. Sebenarnya hal ini tidaklah berbahaya selama masih dilakukan dalam tahap wajar (namun memang sulit untuk menentukan seberapa kekuatan yang dimaksud dalam batas wajar).

    Jika memang Anda mengalami nyeri, memang lebih baik Anda mengalihkan pikiran saja sebelum sperma keluar. Hal ini lebih aman daripada menahan sperma dengan menekan penis.

    Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu berolahraga secara teratur, menghindari stress, dan istirahat yang cukup. Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering melakukan masturbasi (namun tidak ada batasan frekuensi yang dianggap terlalu sering) karena dapat menyebabkan Anda kecanduan. Kecanduan akan masturbasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

    Jika memang Anda masih tetap mengalami ejakulasi dini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter khususnya dokter spesialis kejiwaan.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Ejakulasi dini

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya