Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan bercak putih pada bagian mata yang hitam

  • Dok!!Saya Marganda umur 21 tahun.Mata Saya mengalami bercak putih pada bagian hitam mata sebelah kiri Saya akibat terkena debu!! Dengan cara apakah Saya bisa menghilangkan bercak putih pada bagian hitam mata Saya Dok?? Bahkan Saya baru pertama kali masuk rumah sakit spesialis poli mata,Saya langsung divonis bahwa mata Saya tidak bisa disembuhkan lagi Dok!! Mohon solusinya Dok bagaimana cara menghilangkannya Dok?? Terimakasih..

    Hai Marganda,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Keluhan berupa terdapatnya bercak putih pada bagian hitam mata dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

    Masing-masing kondisi di atas memiliki pengobatan yang berbeda, serta kemungkinan komplikasi yang berbeda. Pada kasus ulkus kornea, tidak dapat dianggap sepele. Kondisi ini termasuk kegawatdaruratan medis, apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan dapat terjadi kebutaan. Pada penderita ulkus kornea berat atau bila pengobatan sebelumnya tidak berhasil, maka dapat dipertimbangkan untuk menjalani operasi transplantasi kornea.

    Dalam menentukan penyakit seorang pasien atau menegakkan diagnsosis, Dokter Spesialis Mata tentunya telah melakukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), serta pemeriksaan mata secara langsung, dari hasil pemeriksaan tersebut lah Dokter memberikan rekomendasi yang perlu dilakukan dan kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi. Apabila Kamu merasa belum mendapatkan informasi yang jelas, sebaiknya Kamu melakukan second opinion, yaitu meminta pendapat Dokter Spesialis Mata lainnya yang juga memeriksa Kamu. Diskusikan dengan Dokter tersebut penanganan yang paling tepat, karena hanya Dokter yang memeriksa Kamu secara langsung lah yang dapat memberikan rekomendasi.

    Hal lain yang perlu dilakukan: Hindari menggaruk atau mengucek mata, jaga kebersihan mata, hindari paparan polusi seperti asap kendaraan, debu, asap rokok (Kamu dapat menggunakan visor saat berkendara, menggunakan kaca mata saat bekerja), sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak, hindari paparan angin secara langsung (misalnya kipas angin, ac).

    Sekian semoga mendapatkan solusi yang terbaik,

    dr. Annes