Tanya Dokter

  • Apakah biduran bisa disembuhkan?

  •  supiko
    Anggota
    Dok sya sudah setahun lebih kena biduran gatal” dan bentol² di area badan dan lengan kenpa gak smbuh² ya smpe skrg msih sja srg kmbuh walau tidak separah dlu dok itu kenapa ya pdahal dlu sya kgk pernh kna pnykit alergi

    Halo, terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Reaksi alergi memang dapat timbul secara tiba-tiba, hal ini merupakan suatu proses dalam tubuh untuk mengenali suatu alergen yang kemudian hadir menjadi suatu reaksi alergi. Reaksi alergi dapat bersifat ringan hingga berat, dan menimbulkan keluhan seperti bersin, sesak napas, batuk, ruam kulit, pilek, pembengkakan pada wajah, dan mulut, serta rasa gatal.

    Untuk mengatasi reaksi alergi yang paling penting adalah mengenali pencetus alergen dan sebisa mungkin menghindarinya. Untuk memudahkan Anda mengenali pencetus alergi ini, Anda bisa melakukan tes alergi berupa prick test maupun patch test di klinik alergi ataupun di dokter kulit. Prick test atau uji tusuk untuk mengenali pencetus alergi akibat yang dihirup serta yang dimakan, sedangkan patch test untuk mengenali pencetus alergi akibat bahan-bahan yang bersinggungan dengan tubuh.

    Selain diakibatkan oleh reaksi alergi, biduran juga dapat disebabkan oleh infeksi tungau, dermatitis, infeksi bakteri, neurodermatitis, mengalami penyakit diabetes, dll.

    Untuk mengatasi keluhan yang Anda rasakan ini, lakukanlah anjuran berikut :

    • Jaga kebersihan badan dengan mandi teratur serta memakai pelembap kulit.
    • Hindari menggaruk berlebihan, karena kulit akan menjadi lebih gatal, terjadi iritasi pada kulit, serta akan menimbulkan bekas.
    • Kenakan pakaian yang lembut dan menyerap keringat.
    • Mengoleskan lotion calamin untuk meredakan gatal.
    • Mengenali pencetus dan menghindari alergi.

    Namun, jika hal ini masih cenderung berkepanjangan dan membuat Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat mengonsultasikan hal ini kepada dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai.

    Berikut diskusi yang berkaitan dengan topik Anda.

    alergi

    Salam,

     

    dr. Vita Rahayu