Tanya Dokter

  • apakah bisa dari kb suntik 3 bulan pindah ke kb spiral?

  •  silvy
    Anggota

    dok boleh tanya, saya udah pakai kb suntik 3 bulan selama 1 tahun lebih. saya berencana mau ganti ke kb spiral. karena pakai kb suntik 3 bulan berat badan saya naik terus. apakah aman dok saya beralih ke kb spiral.

    Halo,   Anda bisa saja pindah dari KB suntik ke KB spiral asalkan Anda tidak dalam kondisi hamil. Anda bisa langsung memasang KB spiral Anda saat masa suntik KB selanjutnya ke dokter kandungan setempat. Pemasangan KB spiral sebenarnya disarankan saat kondisi hari ke 3-4 menstruasi agar mengurangi rasa nyeri saat spiral dimasukkan, namun jika Anda tidak sedang menstruasi pun KB tetap bisa dipasang. Untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan sebaiknya Anda menggunakan KB tambahan seperti kondom 2 minggu paska pemasangan KB spiral. Pada pemasangan KB spiral jangan lupa untuk kontrol 1 bulan setelah pemasangan, 3 bulan setelah pemasangan dan setiap tahun sekali untuk memastikan posisi spiral baik dan aman. Baca artikel Metode kontrasepsi. Baca topik Berpindah KB. Semoga membantu.   dr. Yusi

    silvy  silvy
    Anggota

    mau tanya lagi dok. dari awal saya pke kb suntik sampe sekarang sdh 1 thn lbh. saya gak dapat haid dok. jadi gimana ya dok. usia saya 24 tahun.