Tanya Dokter

  • Efek postinor terhadap siklus menstruasi

  •  Katharina Eka
    Anggota
    Selamat siang Dok. Saya mau tanya, dalam sebulan ini saya mengkonsumsi postinor sebanyak 4 tablet. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah benar bahwa mengkonsumsi postinor dapat menghambat menstruasi atau bahkan tidak mendapat menstruasi sama sekali dalam 1 bulan ( 1 kali siklus menstruasi). 2. Apakah akurat jika saya menggunakan testpack 2 minggu setelah berhubungan? Mengingat bahwa 2 minggu setelah berhubungan tersebut merupakan jadwal menstruasi saya. Maksudnya, ketika 2 minggu tersebut saya tidak mendapat menstruasi (karna mengkonsumsi postinor) apakah akurat untuk menggunakan test pack? Atau saya tidak mendapat menstruasi karena tanda hamil? Terimakasih
    Katharina Eka  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Katharina,

    Postinor berisi levonorgestrel. Levonorgestrel merupakan obat untuk mencegah kehamilan / sebagai alat kontrasepsi darurat dan bukan sebagai alat kontrasepsi jangka panjang. Levonorgestrel memiliki beberapa efek samping seperti sakit kepala, pusing, mual, untah, gangguan siklus menstruasi, nyeri perut, kelelahan, dan diare.

    Keluhan Anda saat ini adalah keterlambatan haid. Anda boleh saja melakukan testpack 2 minggu pasca berhubungan, akan tetapi hasilnya akan lebih akurat apabila testpack dilakukan 1 minggu pasca terlambat haid ya. Jika hasil testpck negatif, coba lakukan testpack ulang 1 minggu pasca testpack pertama. Apabila tetap negatif, kemungkinan Anda tidak sedang hamil dan haid terlambat disebabkan karena hal lain.

    Ada beberapa penyebab haid terlambat selain kehamilan, yaitu stress, kelelahan fisik, penurunan berat badan, obesitas, efek alat kontrasepsi lainnya, efek obat tertentu, sindroma polikistik ovarium, kista, gangguan hormonal, gangguan tiroid, dan menyusui.

    Agar bisa haid lebih lancar, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Jaga berat badan ideal
    • Olahraga teratur
    • Istirahat cukup
    • Hindari begadang
    • Usahakan agar tubuh tidak kelelahan
    • Ganti alat kontrasepsi dengan yang lainnya
    • Kelola stress dengan baik

    Apabila Anda sudah menerapkan pola hidup sehat seperti di atas tetapi belum juga haid selama 3 bulan, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dnegan dokter kandungan supaya bisa diperiksa lebih lanjut dan diberikan penanganan sesuai dengan kondisi Anda ya. Dan untuk selanjutnya apabila belum ingin hamil, sebaiknya Anda menggunakan alat kontrasepsi yang lainnya saja, tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi darurat ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Levonorgestrel
    Testpack
    Telat haid

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y