Tanya Dokter

  • Bolehkah mengkonsumsi obat asam traneksamat secara berkepanjangan?

  •  Nevi Erin
    Anggota

    selamt pagi dok...

    saya mengalami pendarahan ( flek ) selama 10 bulan dikarenakan efek kb suntik 3 bulan. setelah periksa ke dokter kandungan, rahim saya alhmdulillah tidak kenapa-napa yang menyebabkan  saya menstruasi terus adalah karena efek hormon kb suntik itu,nah setelah itu saya diberikan obat asam traneksamat dan asam mefenamat.namun selama konsumsi obat tersebut pendarahannya berhenti bersih.. namun setelah obat habis, keluar flek lagi. nah yang saya tanyakan apakah boleh mengkonsumsi obat ini secara berkepanjangan agar saya tidak keluar flek lagi ? bagaimana solusinya agar pendarahan saya ini berhenti?mohon penjelasan mengenai obat ini?

    nb ; semenjak periksa ke dokter kandugan itu udah kurang lebih 2 minggu saya meutuskan untuk tidak memakai kb dulu'

    trim's banyak ya dok atas penjelasannya

     

    Halo,   Tidak. Sebaiknya Asam traneksamat tidak dikonsumsi untuk jangka panjang kecuali atas saran dokter dan melakukan kontrol rutin kepada dokter yang meresepkan untuk melihat fungsi hati dan adanya efek samping yang timbul akibat penggunaan obat ini. Asam traneksamat merupakan obat anti fibrinolitik yang digunakan untuk menghentikan perdarahan. Merupakan salah satu obat resep dokter yang memiliki efek samping dan memerlukan pengawasan serta anjuran dosis yang disesuaikan dengan kondisi masing masing pasien. Baca artikel Asam Traneksamat Efek samping dari asam traneksamat antara lain adalah:

    1. Gangguan fungsi hati = peningkatan SGOT dan SGPT.
    2. Diare.
    3. Merasa sakit = lemas, nyeri otot dll.
    4. Gangguan penglihatan.
    5. Pembekuan darah berlebih.
    6. dll.
    Untuk menghentikan perdarahan karena hormonal, maka terapi terbaik adalah menghentikan KB suntik Anda sampai hormonal Anda kembali normal. Konsultasikan permasalahan Anda dengan dokter kandungan Anda, tanyakan mengenai metode pengobatan lain yang bisa ditempuh oleh Anda. Penanganan permasalahan Anda seharusnya ditentukan dan disesuaikan berdasar penyebab perdarahan Anda. Baca topik Perdarahan disela menstruasi. Berolahraga teratur, makan gizi seimbang dan istirahat cukup bisa membantu menyehatkan tubuh dan mengembalikan siklus menstruasi Anda yang normal. Semoga membantu.   dr. Yusi