Tanya Dokter

  • Apakah boleh minum vitamin C tablet setiap hari?

  •  Jimmy Indra
    Anggota
    Apakah boleh minum vitamin tablet setiap hari? Karena saya dapat info vitamin c dalam bentuk tablet tidak boleh diminum setiap hari karena akan merusak ginjal.

    Halo Jimmy......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, vitamin C merupakan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan zat yang disebut kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan serta perbaikan pada tulang rawan, gigi, tulang, dan kulit.

    Untuk mengatasi kondisi defisiensi atau kekurangan vitamin C, dosiS yang direkomendasikan berkisar antara 25 mg sampai dengan 300 mg perhari. Sedangkan untuk mencegah kekurangan vitamin C, dosis yang direkomendasikan berkisar antara 25 mg sampai dengan 75 mg perhari.

    Jika dikonsumsi setiap hari dan dalam dosis yang tinggi, vitamin C dapat menimbulkan suatu efek Sampingan berupa batu ginjal, gangguan sistem pencernaan seperti perut kembung/ Mual/ muntah/ nyeri uluhati, diare.

    PeMinuman vitamin C sebaiknya tidak setiap hari, biarkanlah tubuh memproduksi sel - sel pertahanannya sendiri dan tidak melulu didapatkan dari luar. Selain itu, banyak sumber vitamin C yang bisa didapatkan dari makanan yang tinggi vitamin C seperti wortel, jeruk, cabai, melon, dan lain sebagainya.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    VITAMIN C

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati