Tanya Dokter

  • melakukan pemeriksaan papsmear sebelum menikah

  • Hallo dokter saya Nanda. Saya mau tanya saya belum menikah tapi saya sudah pernah melakukan berhubungan sexual. Apakah boleh saya papsmear Karna menurut info yg saya tau papsmear hanya boleh di lakukan untuk yg sudah menikah? Terimakasih

    Halo Nanda, 

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Pemeriksaan Paps smear merupakan pemeriksaan untuk melihat adanya perubahan dari sel serviks (leher rahim) sebagai deteksi dini dari penyakit kanker serviks. Kanker serviks merupakan kanker yang tersering nomor dua setelah kanker payudara pada wanita. Kanker serviks adalah kondisi yang disebabkan adanya infeksi dari HPV (Human Papilloma Virus) yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Selain itu, didapatkan beberapa faktor resiko yang meningkatkan angka kejadian seseorang mengalami kanker serviks adalah sebagai berikut: 

    1. Sering berganti pasangan untuk melakukan hubungan seksual. Tertularnya virus HPV melalui hungan seksual dengan seseorang yang mengidap infeksi HPV sebelumnya.
    2. Adanya faktor keturunan
    3. Merokok
    4. Adanya hubungan seksual di usia dini
    5. Banyak riwayat melahirkan
    6. Sistem kekebalan tubuh yang rendah. Hal ini menyebabkan seseorang sangat mudah terinfeksi berbagai macam virus dan bakteri termasuk virus HPV ini.
    7. Adanya riwayat penggunaan pil KB lebih dari 5 tahun. Namun faktor ini masih diperlukan studi lebih lanjut mengenai resiko terjadinya kanker serviks. 

    Seseorang yang disarankan untuk melakukan paps smear adalah mereka yang sudah pernah melakukan hubungan seksual, terutama yang aktif secara seksual. Pemeriksaan paps smear adalah pemeriksaan yang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda untuk melakukan pemeriksaan ini. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr.Tiwi.