Tanya Dokter

  • Apakah bronkhitis saya kambuh?

  •  Ainun Haurul
    Anggota
    (PERTANYAAN 1) Assalamualaikum dok. Saya Ainun umur 17 tahun. Setahun yg lalu saya mengidap bronkhitis kronis tetapi setelah saya berobat saya diberikan obat oleh dokter dan terus meminum obat tsb selama 3 bulan. Sebulan setelah itu saya melakukan rontgen dan hasilnya normal, tetapi akhir-akhir ini saya mengalami batuk kembali dan apabila saya batuk perut bawah sebealh kiri sakit dan gejala lain yaitu lemas,pusing,mual,demam,tenggorokan gatal,penglihatan agak redup. Apakah bronkhitis saya yg setahun lalu kambuh lagi dok? (PERTANYAAN KE-2) Sekarang saya minum obat yg disaranka oleh dokter tetapi setelah saya meminum obat itu sudah 5 hari saya tidak BAB dok. Apakah itu pengaruh dari obat tsb? Dan ketika malam hari saat saya meminum obat tsb setelah 30 menit kemudian perut bawah sebelah kiri sakit terasa ditindis,nyeri,mual,ulu hati sakit, pusing, kepala sakit di bagian belakang, dan tulang di bawah payudara sering terasa sakit. Tetapi sakit yg dibawah payudara saat ini sudah kurang lebih 1 bulan (sebelum meminum obat) Itu kenapa dok? "Terima kasih dok, maaf saya bertanya terlalu banyak😊" Wassalamualaikum

    Waalaikumsalam, Terimakasih atas pertanyaannya

    Keluhan batuk, disertai demam, tenggorokan gatal, dan pusing dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi, diantaranya adalah bronkitis. Bronkitis adalah radang pada saluran pernapasan bawah. Radang ini dapat disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Kondisi lain yang dapat menyebabkan keluhan serupa adalah :  

    1. Tonsilofaringitis : radang pada tonsil dan faring

    2. Pneumonia : infeksi pada paru

    3. Penyakit asam lambung (GERD)

    Anda sebaiknya memeriksakan diri Anda kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

    Sulit buang air besar (konstipasi) juga dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi seperti makanan yang kurang serat, sayur, atau buah, kurang aktivitas, adanya gangguan pada usus besar,dan juga dapat diakibatkan oleh efek samping obat. Sebaiknya konsultasikan masalah Anda pada dokter yang merawat Anda. 

    Beberapa anjuran untuk Anda ; 

    1. Hindari makanan yang berminyak

    2. Hindari konsumsi air dingin atau es

    3. Hindari makanan yang terlalu pedas

    4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

    Semoga membantu, 

    Salam, 

    dr. Angga