Tanya Dokter

  • Apakah busui yang sedang sakit cacar boleh menyusui?

  •  Rosna
    Anggota
    Malam dok, Saya mau menanyakan apakah busui seperti saya usia 31th sedang mengalami sakit cacar air masih boleh menyusui anak saya yg usia nya sekarang 1th dok? Dan kebetulan juga anak saya juga sama sedang mengalami cacar air. Kebetulan juga saya tertular cacar dari anak saya yang 1 th ini. Cacar air saya sudah 3hari blm sembuh juga dok..baru beberapa yg kering, malah tumbuh lagi ditempat yang lain seperti lengan dan muka..saya sdh berobat ke dr diberi acyclovir, paracetamol cm kok malah tmbah kemna2 ya dok menjalarnya dan gatalnya minta ampun. Mohon dijawab dok Terima kasih dok

    Halo Rosna.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kondisi yang Anda alami berupa Cacar air, atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai varicella merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh karena infeksi virus.

    Sebagian ahli berpendapat bahwa ibu yang sedang menyusui tetap boleh memberikan ASI nya kepada anak, Walaupun sedang mengalami cacar. Walaupun pada keadaan tertentu pemberian ASI tidak dianjurkan seperti ibu yang terkena cacar air 5 hari sebelum mengalami persalinan, hingga 2 hari setelah persalinan, karena keadaan seperti ini dapat menularkan cacar air yang berat kepada bayi.

    Kesembuhan penyakit cacar air kurang lebih pada hari ke-10 sejak timbulnya benjolan yang berisi air pertama. Pada hari ketujuh sampai dengan hari ke-14 saja ruang pertama timbul, band jalan yang berisi air akan mengering, mengelupas, dan menghilang.

    Cacar air yang timbul pada orang dewasa kesembuhannya akan terjadi lebih lama daripada anak - anak. Obat yang Anda minum berupa acyclovir bukan untuk menyembukan cacar air akan tetapi hanya untuk meringankan gejala yang timbul. Pada dasarnya penyakit cacar air akan lebih cepat sembuh jika daya tahan tubuh membaik.

    Tips untuk Anda : teruskanlah mengonsumsi obat yang di berikan oleh dokter, makan makanan yang sehat dan bergizi mudah dalam seperti sup ayam atau bubur ayam, perbanyak makan buah dan sayur, tiduran istirhat yang cukup, minum air putih minimal 2 Liter perhari.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    CACAR AIR

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati