Tanya Dokter

  • Apakah buta warna parsial dapat memburuk menjadi buta warna total?

  •  Zafarani
    Anggota

    Hai dok, beberapa waktu yang lalu saya membuat SIM baru dan pada saat tes kesehatan saya dinyatakan menderita buta warna parsial. Setelah baca beberapa artikel di internet, ternyata belum ada obatnya. Yang mau saya tanyakan, apakah buta warna parsial dapat memburuk menjadi buta warna total? Kalau jawabannya iya, bagaimana cara pencegahannya? Terimakasih.

    Halo, Buta warna dapat terjadi jika pigmen pada mata yang berfungsi untuk membedakan warna mengalami gangguan. Buta warna sendiri terdiri dari :

    • Buta warna pasrsial, hanya dapat melihat beberapa warna tertentu
    • Buta warna total, tidak dapat melihat semua warna
    Buta warna parsial tidak dapat dengan sendirinya menjadi buta warna total. Kecuali seseorang yang mengalami buta warna parsial, mengalami kondisi tertentu yang dapat menyebabkan menjadi buta warna total seperti menderita penyakit tertentu, terpapar zat kimia tertentu, mendapatkan pengobatan tertentu, atau mengalami trauma pada mata. Belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan buta warna. Jika buta warna disebabkan oleh kondisi medis tertentu, maka dengan mengobati penyebab dasarnya, buta warna dapat dipulihkan. Silahkan membaca artikel berikut tentang buta warna Semoga cukup jelas, dr. Tri