Tanya Dokter

  • Efek Jangka Panjang Obat ARV

  • Selamat mlm dok,

    Saya ingin bertanya apakah ada efek atau dampak negatif jangka panjang dari pengobatan ARV?.Sebagaian yang kita tahu orang yang positif HIV akan seumur hidup utk mengkonsumsi obat ARV. Dan mengalami efek samping dari obat tersebut. Adakah cara lain untuk dapat bisa bertahan hidup tanpa ARV dok? Apakah dengan mengkonsumsi obat herbal akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan adakah obat yang bisa menyembuhkan virus HIV? Saya positif HIV dan sudah menjalani terapy ARV selama 2 tahun lebih. Jujur saya ingin berhenti untuk mengkonsumsi ARV karena ketakutan saya terhadap obat tersebut yang akan menjadi racun didalam tubuh saya. Mohon solusinya dok, Terima Kasih sebelumnya.

     

    Salam, Ghilang

    Hai Ghilang. HIV merupakan suatu infeksi virus HIV yang menyerang daya tahan tubuh seseorang sehingga lama kelamaan semakin melemah dan rentan terhadap penyakit. Penularannya sendiri dari media darah dimana hubungan seks bebas, penggunaan obat terlarang dengan jarum suntik bersama penderita, dari ibu ke anak saat persalinan, kontak dengan luka pada penderita, transfusi tanpa skrining kesehatan dengan penderita beresiko terjadinya penularan. Penanganannya sendiri sampai sekarang adalah dengan ARV atau antiretroviral dimana terdiri dari berbagai macam jenis obat. Untuk mengetahui dengan pasti efek jangka panjangnya, anda harus bekonsultasi dengan dokter anda terutama dokter andalah yang mengetahui detail obat yang diberikan. 

    Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan efek samping yang mungkin timbul selama anda selalu mengonsumsi dan mengikuti saran dokter. Lakukan konsultasi secara berkala dan tanyakan mengenai perlunya pemeriksaan berkala seperti pemeriksaan fungsi hati, ginjal dan jantung sesuai dengan kemungkinan efek samping yang dimiliki obat. Jika anda terlalu khawatir justru hal tersebut beresiko mempengaruhi pengobatan dan daya tahan tubuh anda sehingga akan semakin rentan terkena penyakit. Sampai sekarang belum ditemukan pengobatan lain selain ARV untuk mengatasi HIV. Menjaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan gizi seimbang, istirahat cukup, olahraga teratur, kelola stres, hindari alkohol dan rokok serta hindari faktor resiko merupakan hal yang dapat dilakukan selain dari pengobatan dokter. Berikut mengenai HIV. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa