Tanya Dokter

  • Apakah epilepsi bisa dinyatakan sembuh total?

  • siang dok. anak saya pernah kejang umur 9bulan,hasil EEG 90% iritasi difus. saya rutin kontrol 1bulan skali ke RS. tiap hari rutin minum obat. setelah 1tahun terapi obat, dokter bilang dosisnya dikurangi karena pasien tidak pernah kambuh kejangnya. bulan berikutnya kontrol lagi, dan dosis dikurangi lagi. sebenarnya dulu anak saya disuruh EEG lagi, tp karna masalah biaya saya gak jd cek EEG. saya hanya menghabiskan obat dr dokter dan stlh habis sudah tdk minum obat lg. anak saya sudah 2tahun gak kejang, apa itu bisa dikatakan sembuh dok? terimakasih

    Halo Dewi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, epilepsi atau yang dikenal dengan " ayan " merupakan suatu gangguan sinkronisasi kelistrikan otak. Sebagian besar penyebab Epilepsi tidak diketahui sampai saat ini, hanya saja banyak faktor resiko yang dikaitkan dengan kejadian Epilepsi.

    Berikut ini beberapa faktor resiko seseorang menderita Epilepsi, diantaranya adalah : faktor keturunan atau genetik, riwayat trauma kepala, tumor otak, stroke, keracunan obat - obatan ataupun alkohol, riwayat infeksi otak atau selaput otak, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya Epilepsi tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol baik dengan pengobatan. Obat - obatan anti Epilepsi masih dianggap sangat efektif dan tentunya jenis obatnya disesuaikan dengan jenis kejang yang terjadi. Pengobatan umumnya dilakukan sampai dua tahun bebas kejang, dan dokter umumnya akan merekomendasikan penghentian obat apabila bebas kejang selama dua tahun berturut turut.

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk membawa anak Anda menemui dokter spesialis penyakit saraf kembali, dan mendiskusikan masalah ini, agar dokter dapat memeriksa kondisi anak Anda saat ini, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    EPILEPSI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati