Tanya Dokter

  • Apakah flek paru dan TBC itu sama?

  •  prika dewi
    Anggota

    Selamat pagi menjelang siang dok. Sebulan yang lalu saya divonis mengidap flek paru berdasarkan hasil rontgen dan cek dahak. Dokter bilang saya flek paru, tapi saya tetap harus menjalani pengobatan layaknya penderita TBC. Apakah sama flek paru dengan TBC? Lalu bagaimana pencegahan agar tidak terkena TBC lagi jika sudah pernah mengalaminya beberapa tahun silam. Karna saya pernah mendengar orang-orang yang terkena TBC bisa beresiko terkena lagi. Terima kasih banyak dok.

    Hai, Diagnosa tuberkulosis paru diberikan berdasarkan pada keluhan pasien, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti sinar X atau tes dahak. Jika Anda sudah periksa ke dokter dan melakukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen dan cek dahak, serta diberikan terapi seperti penderita TBC, maka kemungkinan yang dimaksud dengan flek paru adalah TBC (tuberkulosis). Supaya lebih jelas dan pasti, sebaiknya berkonsultasi kembali ke dokter yang merawat Anda. Tuberkulosis ditularkan melalui droplet (butiran kecil udara) saat penderita batuk, bersin, berbicara, atau tertawa. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu :

    • Gunakan masker
    • Tutuplah mulut saat bersin, batuk, atau tertawa
    • Ventilasi yang baik pada ruangan, misalnya terdapat jendela yang dapat mengalirkan udara keluar
    Disarankan untuk mengkonsumsi obat TB secara rutin dengan dosis yang sesuai dengan anjuran dokter. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membaca halaman Tuberkulosis.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto