Tanya Dokter

  • Apakah gejala autis jika bayi jarang menangis dan banyak tersenyum?

  •  Ummu Naira
    Anggota
    Assalamu'alaikum dok, anak saya baru berusia 13 hari dia jarang menangis kecuali saat minta asi dan mandi.Saat bangun tidur pun ia menangis hanya jika terlambat di gendong, selain itu geraknya sangat aktif dok adahal nak saya perempuan,apakah itu normal dok? Saya takut jika ada gejala autis dll.

    Autisme adalah gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Perkembangan interaksi dan kemampuan bersosialisasi anak terhadap lingkungan luar akan tampak pada usia sekitar 2-3 tahun

    Gejala autisme pada anak yang dapat diamati oleh orangtua yaitu :

    -Kategori pertama : gangguan interaksi sosial dan komunikasi. Gejala ini dapat meliputi masalah kepekaan terhadap lingkungan sosial dan gangguan penggunaan bahasa verbal maupun non verbal.

    -Kategori kedua : gangguan pola pikir, minat, dan perilaku yang terbatas serta bersifat pengulangan. Contoh gerakan repetitif, misalnya mengetuk-ngetuk meja atau meremas tangan, serta merasa kesal saat rutinitas tersebut diganggu.

    Selain itu penyandang autisme juga cenderung memiliki masalah dalam belajar dan kondisi kejiwaan lain, misalnya gangguan hiperaktif atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), gangguan kecemasan, atau depresi.

     

    Perubahan emosi yang dimiliki bayi di usia 13 hari hanyalah timbul (berupa tangisan) ketika ia merasa tidak nyaman,mengantuk dan lapar. Adalah tidak mungkin mengetahui adanya gejala autisme pada usia bayi 13 hari.

     

    Apabila anda masih khawatir anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Anda dapat menceritakan kekhawatiran anda dan meminta pendapat dokter anak mengenai hal tersebut.

     

    Berikut artikel mengenai AUTISME

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr.Natalia