Tanya Dokter

  • Penyebab sering berhalusinasi, susah tidur, dan sulit mengendalikan emosi

  •  decves
    Anggota

    dok saya mau tanya :

    1. sering berhayal.

    2. saat membaca suatu buka sejarah / menonton film saya sering membayangkannya dalam bentu halusinasi .

    3. susah tidur sendirian .

    4. tidak terlalu menghiraukan kebersihan .

    5. saat tertekan kepala saya sering pusing dan emosi suka tidak terkendali namun saya slalu mencoba mengendalikannya didepan orang lain.

    6. susah konesntrasi .

    apakah ini termasuk skizofrenia ? dok.

    ini sudah saya rasakan sejak masih kecil. umur saya sekarang 21 tahun.

    Hai Dari informasi yang Anda berikan kemungkinan Anda tidak mengalami skizofrenia. Gejala skizofrenia yang utama adalah adanya kepercayaan pada suatu hal yang tidak sesuai dengan kenyataan atau terkadang tidak masuk akal (waham) misal seperti merasa diri anak Tuhan, anak presiden, bisa mengembalikan waktu, ada yang mencoba membunuhnya, dll. Akibatnya muncul gejala lain seperti halusinasi dalam bentuk pendengaran atau penglihatan. Halusinasi adalah respon panca indera tanpa suatu rangsangan, misal mendengar seseorang mengatakan sesuatu padahal orang tersebut tidak ada. Gejala lain yang menyertai tergantung dari tipe skizofrenia. Gejala lain yang dapat menyertai, antara lain:

    • Tidak bisa tidur
    • Kotor atau tidak menjaga kebersihan, namun ini tidak selalu tergantung dari tipe skizofrenia
    • Pikiran kacau dan perkataan tidak jelas.
    Untuk memastikannya Anda dapat berkonsultasi pada psikiater. Informasi terkait dapat Anda baca secara lengkap pada artikel berikut ini: Apa itu skizofrenia? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    decves  decves
    Anggota

    itu poin 2 dan 3 yang dokter sebutin di gejala lain ada pada saya karena saya sering mendengar suara yang padahal tidak ada , lalu susah konsentrasi dan sering gelisah . yang terakhir saya sering lupa suatu hal padahal baru saja seperti menaruh kacamata . apa kah mungkin saya harus coba konsultasi ke psikiater ?

    Hai Pada skizofrenia haruslah ada gejala utama yang telah saya sebutkan diatas, pada intinya tidak dapat membedakan antara dunia nyata dengan apa yang ada didalam pikirannya. Bila tidak ada hal tersebut maka kemungkinan bukan suatu skizofrenia. Bila gejala yang Anda alami sudah berlangsung lama dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda mungkin dapat berkonsultasi pada psikiater untuk diberikan solusi dan penanganan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    decves  decves
    Anggota

    terima kasih atas sarannya memang cukup menggagu kalau harus berinteraksi dengan orang lain