Tanya Dokter

  • apakah gloukoma bisa di sembuhkan?

  •  sity khodiron
    Anggota

    Pagi dok sya mau tanya lgi nih..mama mertua sya matanya kena gloukoma skarang udh ga bisa nglihat lgi,apakah bisa di sembuhkan melalui oprasi? Apa ada obatnya ?

    Hai,   Glukoma yang telah menimbulkan kebutaan permanen tidak bisa disembuhkan dengan metode apapun. Hal itu disebabkan karena kerusakan serabut saraf mata pada glukoma tidak bisa diperbaiki seperti semula. Glukoma merupakan penyakit pada mata dimana terjadi peningkatan tekanan dalam bola mata yang berimbas pada kerusakan saraf mata dan menimbulkan keluhan gangguan fungsi penglihatan sampai kebutaan. Saraf mata yang telah rusak tidak bisa diperbaiki seperti sediakala, namun dengan pengobatan maka kerusakan lebih jauh bisa dicegah sehingga fungsi penglihatan bisa dipertahankan seoptimal mungkin. Glukoma dibagi menjadi 2 tipe yaitu glukoma akut dan glukoma kronis. Pada glukoma akut gejala timbul secara mendadak dan biasanya penderita cepat mencari pengobatan sehingga komplikasi kebutaan bisa dicegah. Namun pada glukoma kronis, gejala terjadi secara perlahan yang menyebabkan pasien tidak terlalu waspada sehingga sampai suatu ketika tiba tiba terjadi kebutaan mendadak. Gejala glukoma adalah :

    1. Nyeri pada mata, biasa dirasakan dibelakang bola mata.
    2. Kadang disertai mata merah
    3. Penglihatan semakin sempit
    4. Mual
    5. Melihat halo/ lingkaran cahaya
    6. Dll
    Untuk mengetahui diagnosis glukoma maka pemeriksaan mata secara seksama akan diperlukan. Dokter akan memeriksa tekanan bola mata dengan alat tonometer dan melihat kondisi saraf mata dengan funduskop. Penanganan glukoma bisa dengan pemberian obat tetes , obat minum atau operasi jika kedua obat tidak memberikan efek yang diinginkan. Baca artikel glukoma di SINI. Namun glukoma yang telah merusak saraf secara total tidak mampu diobati bahkan dengan operasi sekalipun. Untuk info lengkap, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter mata.   Semoga membantu.   Dr. Yusi