Tanya Dokter

  • mengetahui kantong janin pada pemeriksaan USG

  •  Muhammad hori
    Anggota
    Dok saya ingin bertanya? Apa melakukan test kehamilan usg bisa dilakukan sebelum terjadinya terlambatnya menstruasi? Apakah melakukan usg sebelum itu dapat melihat terjadinya pembuahan atau melihat kantong janin?

    Halo,

     

    Test kehamilan dini bisa dilakukan dengan menggunakan testpack. Secara teori testpack bisa mendeteksi kehamilan sejak 2 minggu paska hubungan intim atau 1 minggu keterlambatan haid.

    Penggunaan USG memang dapat melihat ada atau tidaknya kehamilan, namun untuk melihat janin biasa USG baru dapat mendeteksi saat kehamilan berusia 7-8 minggu (keterlambatan haid 3-4 minggu).

    Pada awal kehamilan pada USG hanya akan nampak adanya penebalan dinding endometrium disertai adanya kantung janin pada kehamilan usia 6-7 minggu, namun kantong janin ini belum bisa memastikan adanya kehamilan sehat, untuk memastikan sebuah kehamilan kantung janin harus berisi janin (fetus) yang umumnya baru akan nampak pada pemeriksaan USG saat kehamilan minimal 7 minggu. 

    USG adalah sebuah metode pemeriksaan noninvasif yang dapat digunakan untuk banyak hal. Pada bidang Obstetri dan Ginekologi, USG digunakan untuk mendeteksi kehamilan, mengontrol kehamilan dan perkembangan janin, mendeteksi dini adanya kelainan pada janin dll.

    Baca topik Kantong janin pada USG.

    Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai kondisi Anda sekarang.

    Semoga bermanfaat.

     

    dr. Yusi