Tanya Dokter

  • Merokok saat sedang pengobatan TB

  •  Arya Dzaki
    Anggota
    Dok saya mau tanya,.. sya positif TBC dan skarang ini saya sedang ikut paket pengobatan selama 6 bulan, kondisi sya saat ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Trus saya hari ini merokok 1 batang saja, apakah gara2 rokok sebatang saya harus mengulang kembali ikut paketnya??? Terima kasih

    Halo Arya.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, penyebab yang mempengaruhi kegagalan pengobatan TBC ( pengobatan harus diulang kembali ), diantaranya adalah : ketidakpatuhan pasien dalam pengobatan, konsumsi obat yang tidak teratur, dosis obat yang tidak adekuat, dan kuman yang resisten terhadap obat yang diberikan.

    Pada umumnya, merokok tidak menyebabkan seseorang gagal pengobatan TBC. Akan tetapi, rokok mengandung banyak racun yang dapat menyebabkan masalah pernafasan sehingga menyebabkan paru-paru lebih rentan terhadap infeksi.

    Bila infeksi yang terjadi cukup hebat, mungkin saja dapat menjadikan penyulit dalam pengobatan TBC yang sedang dijalani. Selain itu efek negatif rokok juga dapat menimbulkan kanker paru, penyempitan pembuluh darah, penyakit paru obstruktif kronik, dan mudah terserang infeksi seperti Peradangan pada paru-paru.

    Oleh karena itu kami sangat menyarankan kepada Anda untuk terus mengikuti saran dan pengobatan dari dokter yang telah menangani Anda selama ini, dan stop merokok selamanya untuk kehidupan yang lebih sehat.

    KLik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : 

    TBC

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati