Tanya Dokter

  • penjelasan hasil pemeriksaan darah

  •  Pebrian HQ
    Anggota

    Selamat siang Dok, saya mau nanya nih dok, kemarin saya check up Gula darah, Ginjal, dan trombosit. Hasil dari pemeriksaannya yaitu :

    1. GLUKOSA PUASA : 81 mg/dl 2. UREUM : 25,07 mg/dl 3. KREATININ : 0,80 mg/dl

    Apakah hasil pemeriksaan saya itu bisa di katakan Normal Dok ?

    Pebrian HQ  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Pebrian, Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah merupakan pemeriksaan tambahan yang dilakukan oleh dokter sebagai pemeriksaan tambahan untuk membantu menegakkan diagonsis setelah melakukan wawancara mengenai keluhan dan juga pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti lab darah juga bisa dilakukan ketika seseorang melakukan medical check up secara umum untuk mengetahui kondisi tubuhnya. Pada pemeriksaan darah yang dilakukan dimana hasil yang diberikan adalah normal. Nilai normal gula darah puasa normalnya berkisar antara 70-110 mg/dl dan dikatakan terkena penyakit diabetes jika angka hasil gula arah puasa lebih dari 126 mg/dl. Sementara ureum dan kreatinin adalah merupakan pemeriksaan untuk menilai fungsi ginjal. Dimana ureum dan kreatinin merupakan produk sisa metabolisme tubuh dimana jika kadarnya tinggi dalam darah dapat menjadi berbahaya untuk tubuh. Nilai normal dari ureum adalah antara 20-40 mg/dl dan nilai normal untuk kreatinin adalah 0,6-1,5 mg/dl. Ginjal sendiri memiliki peran penting pada tubuh dimana fungsinya adalah seperti:

    • Menyaring darah dan membuang kelebihan cairan pada tubuh
    • Menyaring dan membuang limbah seperti racun, kelebihan kadar garam dan urea
    • Memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh sehingga jika tubuh kekurangan cairan maka ginjal akan menyesuaikan dengan menyimpan air yang tersisa
    • Mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam darah
    • Mengatur keseimbangan asam basa darah dan cairan tubuh
    • Menjaga kadar mineral dalam tubuh
    • Menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D yang diperlukan tubuh
    Oleh sebab itu penting untuk kita menjaga kesehatan ginjal dengan cara mencukupi asupan cairan, mengurangi konsumsi garam, menjaga berat ideal, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, rajin berolahraga dan hindari penggunaan obat pereda nyeri jika tidak dibutuhkan serta hindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.