Tanya Dokter

  • Apakah hasil tes USG kandungan usia 6 minggu hanya terlihat kantung janinnya saja?

  •  syafiramelia
    Anggota

    Selamat siang dok,

    Saya kemarin (Sabtu, 25 Juli 2015) usg pertama kali di RSIA, hasil usg menunjukan bahwa usia kandungan aku 6week 3days. Tapi dokter bilang bahwa baru terlihat kantung janinnya saja, dua minggu kemudian saya di saran kan kembali lagi untuk usg yang kedua. Sambil menunggu, saya diberikan obat penguat janin.

    Pertanyaannya: 1. Apakah wajar bila di usia kandungan 6minggu 3hari janin belum terlihat? 2. Apakah tanda-tanda pasti terjadinya kehamilan blighted ovum?

    Terima kasih dok, mohon dapat di bantu.

    Sebelumnya saya tidak mengalami pendarahan apapun.

     

    Halo,

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda

    1. Pada umumnya janin akan terdeteksi alat USG saat Anda mulai memasuki usia kandungan 7 minggu ke atas. Pada umumnya dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan USG ulang saat usia kehamilan memasuki usia 8 minggu di mana janin dan detak jantungnya sudah dapat terlihat dengan lebih jelas. Jadi dalam kasus Anda adalah hal yang wajar janin belum terlihat.
    2. Seseorang yang mengalami blighted ovum akan sama seperti wanita hamil lainnya. Wanita tersebut mengalami tanda-tanda kehamilan seperti hasil pemeriksaan kehamilan positif, morning sickeness, mudah lelah, dll. Blighted ovum hanya dapat didiagnosis dengan menggunakan USG. Jika sampai usia kehamilan 12 minggu janin tidak juga terlihat, maka dapat dipastikan bahwa seorang wanita mengalami blighted ovum
    Berikut artikel tentang hamil 2 bulan

    Demikian jawaban yang dapat saya berikan, semoga cukup jelas. Semoga Anda mengalami kehamilan yang cukup menyenangkan yaa.. Enjoy your pregnancy.. :)

    dr. Tri