Tanya Dokter

  • Penyebab keringat berlebih

  •  jheriadi
    Anggota
    dok apakah keringat berlebih itu bisa disebabkan karena hernia? mohon dijelaskan

    Halo jheriadi.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa keringat merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengatur suhu tubuh. Kondisi keringat yang berlebihan dalam dunia medis disebut sebagai hiperhidrosis.

    Hernia sendiri bukan salah satu pemicu timbulnya keringat berlebih. Hiperhidrosis, umumnya dipicu oleh : masalah atau gangguan sistem saraf, kehamilan, konsumsi alkohol berlebihan, gangguan kelenjar tiroid, stroke, tuberkulosis atau TBC, leukemia, gangguan kesehatan pada jantung, gangguan psikologis, dan lain sebagainya.

    Apabila keringat yang berlebih sudah lama terjadi, dan mengganggu aktivitas sehari - hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan kondisi Anda.

    Beberapa penanganan yang umumnya dilakukan oleh dokter untuk menangani kondisi ini, diantaranya adalah : penggunaan obat untuk mengontrol kelenjar keringat, metode operasi, prosedur iontophoresis, suntik botox, ataupun penanganan pada penyakit yang mendasari.

    Demikian penjelsan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati