Tanya Dokter

  • apakah ini herpes?

  •  Budi Seven
    Anggota

    Slmt siang doc saya maumenanyakan penyakit kulit yang dialami bpk sy ada semacam kudis tapi bergerombol dileher belakang lama kelamaan makin banyak dan berwarna merah terus ada lg di leher dpn dan dibagian tubuh nya penyakit apakah itu doc terima kasih tolong penjelasannya dan obat yg bs atasi penyakit tersebut

    Budi Seven  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Herpes zoster adalah penyakit kulit akibat virus varicella-zoster. Gejala berupa rasa perih dan sakit seperti terbakar pada daerah lesi. Lesi biasanya timbul bergerombol di bagian tubuh tertentu, berwarna merah berbentuk seperti bintil yang kemudian menjadi luka lepuh yang tersa perih dan gatal. Dapat disertai gejala demam, dan nyeri seluruh tubuh. Lesi kulit bergerombol dan menyebar dapat diebabkan oleh beberapa hal berikut :

    • Dermatitis atau Eksim
    • Penyakit infeksi jamur pada kulit, sepeti tinea corporis, candidiasis
    • Erupsi akneiformis
    • dan lain-lain
    Untuk dapat menegakkan secara pasti penyebab kelainan kulit perlu dilakukan pemeriksaan lesi kulit secara langsung oleh dokter karena setiap lesi kulit memiliki karakteristik masing-masing, sulit jika hanya dengan penjelasan kata-kata. Sebaiknya anda periksakan kondisi ayah anda, agar dapat langsung bertemu dokter dan dapat langsung diperiksa. Jika memang dibutuhkan mungkin akan dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya. Sekian informasi dari saya, semoga dapat membantu.